Donald Trump 'Alergi' Berbisnis dengan Huawei

CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 12:23 WIB
Donald Trump 'Alergi' Berbisnis dengan Huawei Ilustrasi Huawei. (Reuters).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat (ASDonald Trump menegaskan AS tidak ingin berbisnis dengan Huawei, raksasa teknologi China. Alasannya, bisnis dengan Huawei tidak baik bagi keamanan nasional.

"Saat ini, sepertinya kami tidak akan melakukan bisnis (dengan Huawei). Saya tidak ingin melakukan bisnis sama sekali, karena ancaman keamanan nasional," tutur Trump dilansir Reuters, Senin (19/8).

Akhir pekan lalu, Departemen Perdagangan AS diharapkan memperpanjang penangguhan hukuman yang diberikan kepada Huawei Technologies Co Ltd, yang memungkinkan perusahaan China membeli pasokan dari perusahaan AS, sehingga tetap bisa melayani pelanggan yang sudah ada (existing).

Namun, AS tampaknya masih mempertimbangkan untuk memperpanjang atau tidak penangguhan tersebut. Menurut laporan Reuters, berdasarkan dua sumber terdekat, lisensi sementara akan diperpanjang untuk Huawei selama 90 hari.

Trump, sebelum naik Air Force One di New Jersey pada Minggu (18/8) menyebutkan ada bagian kecil dari bisnis Huawei yang dapat dikecualikan dari larangan yang lebih luas. "Tetapi, itu akan sangat rumit," jelas Trump tanpa menyebut pasti untuk memperpanjang lisensi sementara yang diterima Huawei.

Sebelumnya, Direktur Dewan Ekonomi Nasional Larry Kudlow mengatakan Departemen Perdagangan AS akan memperpanjang proses perizinan Huawei selama tiga bulan sebagai niat baik di tengah negosiasi perdagangan dengan lawannya, China.

"Kami memberikan istirahat kepada perusahaan kami sendiri selama tiga bulan," tutur dia.
[Gambas:Video CNN]


(Reuters/bir)