Jokowi Targetkan Bandara Baru Yogyakarta Selesai Desember

CNN Indonesia | Kamis, 29/08/2019 22:11 WIB
Jokowi Targetkan Bandara Baru Yogyakarta Selesai Desember Ilustrasi Bandara Internasional Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) bisa Desember tahun ini. Target tersebut dibuatnya setelah ia meninjau pembangunan proyek pada Kamis (29/8) pagi.

Dari hasil peninjauan tersebut, Jokowi melihat pembangunan proyek bernilai Rp6,1 triliun tersebut cukup cepat.

"Ini cepat, sangat cepat sekali. Dan saya tadi lihat pekerjaan kualitasnya juga sangat baik, dengan ini diharapkan Desember selesai, setelah lebaran bisa beroperasi full 100%," katanya seperti dikutip dari website Sekretariat Kabinet, Kamis (29/8).


Jokowi berharap penyelesaian bandara tersebut nantinya bisa meningkatkan slot penerbangan ke Yogyakarta. Maklum YIA memiliki luas terminal total 219 ribu meter persegi, jauh lebih luas dari Bandara Adisucipto. 

Dengan ukuran tersebut kelak, YIA bisa didarati pesawat besar. Luas tersebut diperkirakan bisa menampung 20 juta penumpang per tahun.

Dengan ukuran tersebut dia berharap jumlah kunjungan turis mancanegara ke wilayah Yogyakarta dan sekitarnya bisa meningkat. Apalagi selain ditunjang kapasitas yang besar, nantinya YIA itu akan terkoneksi sarana transportasi lain, seperti kereta maupun tol. 

Untuk kereta, Jokowi menargetkan bisa tersambung dengan YIA pada Maret 2020 Maret.  Sementara itu saran jalan tol akan dibangun belakangan.

"Semuanya akan terkoneksi. Balik lagi ini saya desain besarnya kelihatan satu persatu diselesaikan. Ini rampungkan dulu ya," ujarnya.

[Gambas:Video CNN] (agt)