Pemerintah Tunjuk Sunarso Pimpin BRI Sementara Waktu

CNN Indonesia | Jumat, 30/08/2019 19:30 WIB
Pemerintah Tunjuk Sunarso Pimpin BRI Sementara Waktu Wakil Dirut BRI Sunarso (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan pucuk pimpinan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kini dipegang oleh Wakil Direktur Utama Sunarso. Sehingga, Sunarso menyandang pelaksana tugas (Plt) direktur utama bank pelat merah tersebut.

Deputi Bidang Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi dan Jasa Lain Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan keputusan itu sesuai dengan anggaran dasar perusahaan.

"Tadi pagi dewan komisaris juga tanya, kan komisaris minta supaya ada surat dari kami menunjuk Plt-nya. Pak Sunarso Plt kan Wakil Direktur Utama," papar Gatot, Jumat (30/8).


Gatot melanjutkan, BRI akan menggelar RUPSLB pada Senin (2/9) besok. Adapun, penentuan direktur utama akan menjadi salah satu agendanya.
Namun, ia mengaku Kementerian BUMN belum mengusulkan nama baru. Yang pasti, Gatot menyebut siapa pun bisa menggantikan Suprajarto asalkan dengan izin Presiden Joko Widodo (Jokowi), termasuk Sunarso.

"Bisa siapa pun bisa. Misal, angkat siapa bisa tapi Bu Rini Soemarno (Menteri BUMN) harus membuat surat dulu ke Pak Presiden untuk setuju," jelasnya.

Posisi direktur utama BRI kosong. Kekosongan terjadi setelah Kementerian BUMN menggeser posisi Suprajarto dari direktur utama BRI menjadi direktur utama BTN. Namun, Suprajarto menolak titah tersebut dan memutuskan undur diri dari jabatan barunya di BTN.

[Gambas:Video CNN] (aud/glh)