Jokowi: Tol Layang Japek II Jembatan Terpanjang di Indonesia

Tim, CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 02:14 WIB
Jokowi: Tol Layang Japek II Jembatan Terpanjang di Indonesia Presiden Joko Widodo menyebut jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II sebagai jembatan terpanjang di Indonesia. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II adalah jembatan terpanjang di Indonesia. Jalan tol layang ini membentang sepanjang 36,4 kilometer di atas ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Jalan Tol [Layang] Jakarta-Cikampek II yang hampir rampung adalah jembatan terpanjang di Indonesia," cuit Jokowi dalam akun Twitter resminya, @jokowi, pada Minggu (22/9).

Dalam cuitan yang sama, Jokowi juga mengatakan bahwa seluruh konstruksi jalan layang ditunjang oleh sebanyak 9 ribu tiang pancang.


Tol Japek II ini, sebut Jokowi, rencananya akan mulai beroperasi pada November 2019. "Insya Allah, Japek II beroperasi pada akhir November 2019," tulisnya.

Cuitan Jokowi ini muncul bersamaan dengan peninjauan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ke Tol Layang Japek II KM 13. Dalam kunjungannya, dia berharap keberadaan tol dapat memecah penumpukan dan mempercepat laju kendaraan. Sehingga waktu tempuh Jakarta-Bandung selama empat jam dapat dipangkas hingga 60 menit.

"Angkutan dari Jakarta menuju Bandung [atau sebaliknya] selama ini mungkin [waktu tempuh] lebih dari empat jam. Kita harapkan mereka [bisa menempuhnya dengan] tiga jam [setelah Tol Layang Japek II beroperasi]," kata Budi di tengah kunjungannya.


Hingga September 2019, proyek Tol Layang Japek II telah rampung sekitar 96,5 persen. Proyek senilai Rp13,5 triliun ini ditargetkan rampung sepenuhnya pada akhir Oktober 2019.

Rencananya, jalan tol baru ini akan dipergunakan pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2020.

[Gambas:Video CNN] (asr)