Harga Minyak Melejit Usai Ledakan Kapal Tanker Iran

CNN Indonesia | Senin, 14/10/2019 06:50 WIB
Harga Minyak Melejit Usai Ledakan Kapal Tanker Iran Ilustrasi. (CNN Indonesia/Agus Triyono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Harga minyak mentah dunia meningkat signifikan pada perdagangan Jumat (11/10) lalu. Kenaikan dipicu oleh ledakan kapal tanker milik Iran di lepas pantai Jeddah, Arab Saudi.

Mengutip Antara, harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) menguat US$1,15 atau 0,2 persen menjadi US$54,7 per barel dan Brent naik US$1,41 atau 2,4 persen ke level US$60,51 per barel.

Dalam hal ini, investor khawatir ledakan kapal Iran yang terjadi pada akhir pekan kemarin akan mengganggu produksi minyak mentah di wilayah tersebut. Saat ini, pakar teknis masih menyelidiki penyebab ledakan itu.


Namun, sejumlah pihak menyebut ledakan terjadi akibat serangan rudal. Kerusakan serius pun terjadi pada kapal tanker tersebut dan membuat minyak tumpah ke laut.

Kementerian Luar Negeri Iran menyampaikan keprihatinan atas tumpahan minyak dari kapal tanker milik Iran karena dapat mencemari lingkungan sekitar.

"Pelaku serangan ini bertanggung jawab atas semua konsekuensinya, termasuk polusi yang ditimbulkan terhadap lingkungan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi, dikutip Senin (14/10).

Sementara itu, mengutip AFP, serangan kapal tanker ini ini terjadi setelah AS menuduh Iran berada di balik penyerangan kapal tanker di Selat Hormuz beberapa bulan terakhir, namun hal itu sudah dibantah Teheran.

Ketegangan antara Iran dan AS mulai meningkat sejak awal tahun ini, terutama setelah Presiden Rouhani mengancam bakal melanggar ketentuan dalam perjanjian nuklir 2015 lalu jika negara-negara terkait tak membantu Teheran di tengah sanksi Washington.
[Gambas:Video CNN] (aud/sfr)