Jelang Dilantik, Jokowi Tawarkan Produk PT Inka ke PM Kamboja

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 15:25 WIB
Jelang Dilantik, Jokowi Tawarkan Produk PT Inka ke PM Kamboja Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima kedatangan Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10). (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menawarkan produk PT Industri Kereta Api (Persero) atau Inka kepada Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Hal itu dilakukan untuk memperkuat kerja sama bidang ekonomi antara kedua negara.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan sejumlah pemimpin negara sahabat, termasuk PM Kamboja Hunsen, di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10).

"Kami tawarkan produk industri strategis salah satunya INKA kepada Kamboja,"ujar Retno seperti dikutip dari Antara.


Menlu menyebutkan hubungan politik dan ekonomi Indonesia dan Kamboja menunjukkan kondisi yang baik. "Presiden JOkowi mengatakan ingin memperkokoh kerja sama ekonomi dengan Kamboja," ujar Retno.
Ia menyebutkan beberapa perusahaan Indonesia juga memperluas dan mengembangkan usaha ke Kamboja. Di sisi lain, Indonesia melalui PT INKA sudah menjalin kerja sama dengan negara lain dalam pemasaran kereta produk BUMN itu.

Minggu (20/10) pagi, Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan pemimpin negara sahabat, yaitu Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Selain itu, adapula Raja Eswatini Raja Mswaati III, dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Retno menjelaskan mereka merupakan tamu negara yang akan menghadiri Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024. Mereka juga menyampaikan komitmen memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia.

[Gambas:Video CNN] (Antara/lav)