Kembali Bantu Jokowi, Bambang Brodjonegoro Duduki Posisi Baru

CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 20:39 WIB
Kembali Bantu Jokowi, Bambang Brodjonegoro Duduki Posisi Baru Menteri PPN/Bappenas periode 2014-2019 Bambang Brodjonegoro. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menugaskan mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro untuk kembali membantu pemerintah dalam kabinet kerja periode 2019-2024.

Bambang memastikan dirinya tak akan kembali menempati jabatan menteri PPN/Bappenas, melainkan posisi baru. Kendati demikian, ia enggan menyebutkan secara pasti posisi yang diberikan Kepala Negara.

"Fokus ke perkuatan SDM (sumber daya manusia) tapi tidak lama tingkatkan daya saing di industri, pertanian dan lain-lain. Beliau (Jokowi) minta untuk tingkatkan SDM dari sisi daya saing. Pokoknya ini tugas baru," ujar Bambang usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Selasa (22/10).


Presiden Jokowi meminta Bambang untuk tetap membantu pemerintah memberi masukan soal pembangunan ibu kota negara baru, dan mempersiapkan diri untuk menjalankan tugas baru dengan baik.
Intinya, Bambang diimbau untuk lebih berfokus pada persoalan peningkatan daya saing dan perkembangan SDM. Hal ini tak hanya bicara soal kemiskinan, tetapi juga memperkuat pendidikan, inovasi dan daya saing.

Menanggapi pertanyaan awak media bahwa akan ada badan otoritas baru, Bambang mengaku tak membahas hal itu dengan Presiden Jokowi.

"Hal yang penting bicara riset dan inovasi harus dengan prinsip efisien, tapi jangan ke usaha yang skala kecil dan berdampak minim. Bangsa ini harus inovatif, sehingga daya saing kita bukan karena kelebihan sumber daya tapi lebih ke inovasi," paparnya.

Tak hanya Bambang yang kembali menjadi menteri di jajaran pemerintahan Jokowi, sejumlah tokoh lain di jajaran kabinet kerja jilid I yang kembali membantu Kepala Negara antara lain, Sri Mulyani, Airlangga Hartarto, Luhut Binsar Panjaitan, Budi Karya Sumadi, Basuki Hadimuljono, Siti Nurbaya, Sofyan Djalil, dan Yasona Laoly.
(uli/fra)