Sri Mulyani Sudah Alokasikan APBN Untuk Gaji 12 Wamen Jokowi

CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 14:45 WIB
Sri Mulyani Sudah Alokasikan APBN Untuk Gaji 12 Wamen Jokowi Sri Mulyani pastikan sudah menganggarkan gaji 12 wamen pilihan Jokowi dalam APBN. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) cukup untuk membayar gaji para wakil menteri (wamen) baru yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (25/10) siang.

Ia menegaskan tidak ada tambahan anggaran khusus yang dialokasikan dari APBN untuk kebutuhan gaji para wamen meski ada beberapa kementerian yang baru memiliki jabatan tersebut. Sebab, ketersediaan anggaran sudah dimasukkan dalam anggaran kementerian/lembaga mulai dari APBN 2019 hingga APBN 2020.

"Sudah masuk, ada di dalam (anggaran) kementerian/lembaga," ucap Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/10).


Kebutuhan anggaran untuk gaji para wakil menteri akan meningkat pada pemerintah periode kedua Jokowi. Sebab, beberapa kementerian yang semula tak memiliki wakil menteri kini ada.

Pada Kabinet Kerja, Jokowi hanya menyediakan kursi wakil menteri untuk Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan, serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kini, Jokowi menyediakan 12 kursi wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Jabatan wakil menteri luar negeri dan wakil menteri keuangan tetap ada dan diberikan ke Mahendra Siregar dan Suahasil Nazara. Sedangkan jabatan wakil menteri ESDM sementara ini tidak ada.

Sementara 10 kursi wakil menteri baru diberikan kepada Wahyu Sakti Trenggono sebagai Wakil Menteri Pertahanan, Zainut Tauhid Sa'adi sebagai Wakil Menteri Agama, dan Jerry Sambuaga sebagai Wakil Menteri Perdagangan.

Lalu, John Wempi Wetimpo didapuk menjadi Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, serta Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi.
[Gambas:Video CNN]
Kemudian, jabatan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN diberikan ke Surya Tjandra dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kepada Angela Tanoesoedibjo. Terakhir, Kepala Negara memberi kursi Wakil Menteri BUMN kepada Kartika Wirjoatmodjo dan Budi Gunadi Sadikin.

Keduabelas tokoh yang ditunjuk menjadi wakil menteri telah dipanggil orang nomor satu di Indonesia sejak pagi tadi. Lalu, Jokowi melantik mereka pada pukul 14.00 WIB di Istana Negara.
(uli/sfr)