Geser Pablo Isla, CEO NVidia Jensen Huang Jadi CEO Terbaik

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 05/11/2019 12:01 WIB
Geser Pablo Isla, CEO NVidia Jensen Huang Jadi CEO Terbaik CEO Nvidia Jensen Huang. (Mandel Ngan / AFP).
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Nvidia Jensen Huang dinobatkan sebagai CEO terbaik 2019 versi Harvard Business Review (HBR). Huang menggeser posisi CEO Inditex Pablo Isla.

Dikutip dari HBR, Huang bukan wajah baru dalam jajaran CEO terbaik. Tahun lalu, CEO perusahaan kartu grafis ini menempati posisi kedua CEO terbaik 2018.

Dalam laman resmi Nvidia, dikisahkan Jensen Huang mendirikan Nvidia pada 1993. Sejak awal berdiri NVIDIA, dia telah menduduki jabatan presiden, CEO dan anggota dewan direksi.


Bisnis Nvidia dimulai dari kartu grafis PC dan membantu membangun pasar gim menjadi industri hiburan di dunia saat ini. Penemuan Grafic Prosessor Unit (GPU) oleh NVidia pada 1999 menjadi salah satu prestasi terbesar Nvidia

Huang pernah menerima Dr. Morris Chang Exemplary Leadership Award dan mendapatkan gelar doktor kehormatan dari Universitas Chiao Tung Nasional Taiwan dan Oregon State University.

Sebelum mendirikan NVidia, Huang bekerja di LSI Logic dan Advanced Micro Devices. Dia memiliki gelar BSEE dari Oregon State University dan gelar MSEE dari Stanford University.

Di posisi kedua CEO terbaik versi HBR ditempati oleh CEO Salesforce.com Marc Benioff. Dia naik dari posisi keenam tahun lalu. Perusahaan asal Amerika Serikat ini bergerak dibidang e-commerce.

Menyusul CEO Kering, Francois-Henri Pinault yang berada di posisi ketiga. Pinault telah memimpin perusahaan Consumer Goods asal Perancis sejak 2005. Tahun lalu, Pinault menempati posisi keempat.

HBR menjelaskan peringat yang mereka buat bukan berasal dari evaluasi subjektif. Namun, bergantung pada kinerja objektif selama masa jabatan CEO dan penilaian karir para CEO ini cenderung stabil.

Tak heran dari 100 CEO terbaik, 65 di antaranya merupakan CEO yang masuk daftar CEO terbaik tahun lalu. HBR menjelaskan sejak 2015, peringkat yang mereka buat tidak hanya berdasarkan kinerja keuangan tetapi juga berdasarkan peringkat lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG).

Selama empat tahun terakhir, skor ESG memiliki bobot 20 persen terhadap total skor keseluruhan. Namun, tahun ini, HBR mengubah bobot ESG menjadi 30 persen.

Peningkatan bobot ESG ini 'mengorbankan' CEO Amazon Jeff Bezos. Jika mengacu pada kinerja keuangan, Bezos telah menempati posisi teratas sejak 2014.

Berikut daftar 10 CEO Terbaik 2019 versi HBR:

1. Jensen Huang, CEO NVidia
2. Marc Benioff, CEO Salesforce.com
3. Francois-Henri Pinault, CEO Kering
4. Richard Templeton, CEO Texas Instruments
5. Ignacio Galan, CEO Iberdrola
6. Shantanu Narayen, CEO Adobe
7. Ajay Banga, CEO Mastercard
8. Johan Thijs, CEO KBS
9. Satya Nadella, CEO Microsoft
10. Bernard Arnault, CEO LVMH

[Gambas:Video CNN] (age/age)


ARTIKEL TERKAIT