Rupiah Melemah ke Rp14.014 per Dolar AS pada Akhir Pekan

CNN Indonesia | Jumat, 08/11/2019 16:55 WIB
Rupiah Melemah ke Rp14.014 per Dolar AS pada Akhir Pekan Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp14.014 per dolar AS pada Jumat (8/11) sore. Posisi tersebut melemah 0,12 persen dibandingkan dengan Kamis (7/11).

Rupiah tidak sendiri. Bersama dengan rupiah, dolar Singapura juga melemah 0,13 persen, yen Jepang melemah 0,05 persen dan peso Filipina 0,11 persen dan rupee India yang melemah 0,41 persen.

Tapi kondisi tersebut tak dialami oleh baht Thailand yang justru menguat 0,15 persen, won Korea Selatan yang menguat 0,18 persen. Ibrahim, Direktur PT.Garuda Berjangka mengatakan  sebenarnya rupiah pada akhir pekan ini mendapatkan banyak sentimen positif.


Pertama, dari pelemahan indeks dolar. Kedua, rilis data neraca pembayaran.

Bank Indonesia mencatat, defisit neraca pembayaran pada kuartal III hanya US$46 juta atau turun dibandingkan kuartal sebelumnya yang sebesar US$2 miliar.

"Pemerintah telah berhasil menetralisir kondisi ekonomi global akibat perang dagang dan BREXIT sehingga NPI bisa ditekan," katanya Jumat (8/11).

Namun, sentimen tersebut masih kalah dibandingkan tekanan terhadap rupiah yang datang dari keraguan pasar atas terjadinya kesepakatan damai dagang antara AS dengan China.

"Masih ada beberapa skeptisisme tentang kesepakatan perdagangan karena para pejabat di dalam dan di luar Gedung Putih ada yang memperkeruh suasana," katanya.

[Gambas:Video CNN]
Tekanan lain juga datang dari kebijakan Bank of England yang menolak mengikuti kebijakan pemangkasan suku bunga yang dilakukan bank sentral Amerika Serikat dan Bank Sentral Eropa (ECB).

Namun Ibrahim meramalkan, tekanan terhadap rupiah tak akan berlangsung lama. Rupiah diperkirakan akan menguat ke level Rp13.975-Rp14.040 per dolar AS pada Senin depan.
(agt/agt)