Kemenhub Umumkan Pemenang Lelang Bandara Komodo Akhir Bulan

CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 11:38 WIB
Kemenhub Umumkan Pemenang Lelang Bandara Komodo Akhir Bulan Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menetapkan pemenang lelang pengelola Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada akhir November 2019.

Direktur Utama Badan Otoritas Pariwasata Labuan Bajo Flores Shana Fatina mengungkapkan, saat ini, proses lelang dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) masih dilakukan.

"Akhir November ini ditetapkan Kemenhub siapa pemenang lelang pengelola Bandara Komodo dengan skema KPBU. Setelah itu baru Januari tahun depan diserahterimakan ke pengelola yang baru," ujar Shana seperti dikutip dari Antara, Selasa (19/11).


Usai serah terima, sejumlah pekerjaan akan diteruskan seperti perpanjangan landasan pacu, penambahan alat navigasi dan beberapa kebutuhan sebelum nanti statusnya jadi bandara internasional.

Shana menyebutkan ada lima konsorsium yang menjadi peserta lelang. Namun, baru Changi Airport Internasional Pte Ltd yang telah memasukkan proposal.

Rencananya, landasan pacu Bandara Komodo akan diperpanjang dari saat ini 2.450 meter menjadi 2.750 meter. Lalu, terminal akan diperluas sehingga kapasitas penumpang naik dari 500 ribu menjadi 2 juta penumpang.

Lebih lanjut, ia mengingatkan keterbatasan Bandara Komodo yang belum berstatus bandara internasional menjadi salah satu penyebab target jumlah turis di Kabupaten Manggarai tidak akan tercapai tahun ini.

"Target (turis) tahun ini 500 ribu untuk wisman (wisatawan mancanegara) dan 1 juta untuk wisnus (wisatawan nusantara)," ujarnya.
[Gambas:Video CNN] (Antara/lav)