Louis Vuitton Naikkan Tawaran Beli Tiffany US$16 Miliar

CNN Indonesia | Kamis, 21/11/2019 13:00 WIB
Louis Vuitton Naikkan Tawaran Beli Tiffany US$16 Miliar Louis Vuitton ingin akuisisi Tiffany & Co sebesar US$16 miliar. (AFP/Johannes Eisele).
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan pemilik label barang mewah Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH) menaikkan penawarannya untuk mengakuisisi perusahaan perhiasan Tiffany & Co.

Dilansir dari AFP, LVMH meningkatkan tawarannya dari US$130 per saham dari US$120 per saham. Peningkatan tawaran ini mengangkat nilai keseluruhan Tiffany dari US$14,5 miliar menjadi US$16 miliar.

Namun, hingga saat ini LVMH dan Tiffany belum menanggapi kabar tersebut. Perusahaan LVMH yang dipimpin oleh miliarder Bernard Arnault ini tengah berusaha untuk mengakuisisi Tiffany. Rencana akuisisi Tiffany ini dinilai bisa menguatkan posisi LVMH di pasar AS.


Transaksi ini juga dipandang sebagai langkah positif bagi Tiffany. Pasalnya, perusahaan perhiasan asal AS ini tengah berjuang menghadapi penjualan yang mandek karena perlambatan ekonomi.

Terutama, perlambatan ekonomi China yang berdampak pada wisatawan yang suka berbelanja barang mewah. Dolar Amerika Serikat yang makin menguat juga membuat produk-produk perhiasan Tiffany terasa lebih mahal untuk konsumen luar negeri. Protes yang terjadi di Hong Kong, pasar keempat terbesar Tiffany juga membebani penjualan mereka.

Jika LVMH dan Tiffany mencapai kesepakatan, pembelian tersebut akan menambah daftar label mewah dalam grup LVMH, misalnya Christian Dior, Fendi, Givenchy, dan Tag Heuer.

"Tawaran ini sangat masuk akal dan akan menguatkan mereka di hadapan pesaing," karena Robert Burke, seorang konsultan mode independen.

"Ini akan melontarkan mereka di depan pesaing-pesaingnya."

[Gambas:Video CNN] (AFP/age)