Erick Thohir Ingatkan Ahok Tak Ada Drama di BUMN

CNN Indonesia | Jumat, 22/11/2019 18:47 WIB
Erick Thohir Ingatkan Ahok Tak Ada Drama di BUMN Menteri BUMN Erick Thohir tak ingin ada drama atau perdebatan di BUMN usai Ahok ditunjuk sebagai Komut Pertamina. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri BUMN Erick Thohir tak ingin ada drama atau perdebatan di BUMN. Pernyataan ini diberikannya usai mengumumkan penunjukkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

"Saya tidak mau ada drama-drama di dalam perusahaan, misalnya komisaris utama menjelekkan direktur utama, direktur utama menjelekkan komisaris utama. Saya tidak mau, kita rapat bersama," ucap Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/11).

Sekalipun ada perbedaan, Erick ingin penyelesaiannya tidak perlu diselesaikan dengan melempar pernyataan ke publik. Bahkan, hingga menjadi perbincangan lebih lanjut dari pihak-pihak lain.

"Kalau ada perbedaan, ayo kita duduk, karena tidak mungkin direksi berjalan tanpa dukungan komisaris. Komisaris bukan direksi," katanya.

Untuk menghindari drama dan perdebatan antar pejabat di tubuh perusahaan negara, ia akan menyelenggarakan rapat bersama antar kedua pihak. Seluruh komisaris dan direksi akan duduk dalam satu rapat bersama dengannya.

"Dalam rapat bulanan untuk perusahaan BUMN saya akan lakukan langsung, di mana saya mengundang direksi utama dan komisaris utama secara bersamaan," tandasnya.

Sebagai informasi, Erick baru saja mengumumkan penunjukkan Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina. Selain itu, Erick juga menyatakan bahwa Chandra Marta Hamzah akan menjadi Komisaris Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk alias BTN.

Erick melanjutkan Ahok akan didampingi Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin selaku Wakil Komisaris Utama. Selain Ahok dan Budi Gunadi, Pertamina juga akan memiliki direksi baru, yakni Emma Sri Martini selaku Direktur Keuangan Pertamina.

Emma akan menggantikan Pahala Nugraha Mansury yang akan hijrah ke PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.
[Gambas:Video CNN]


(uli/bir)