Terbang ke Kaltim, Jokowi Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda

CNN Indonesia | Selasa, 17/12/2019 10:41 WIB
Presiden Jokowi akan meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda dalam kunjungannya ke Balikpapan, Kaltim pada hari ini, Selasa (17/12). Presiden Jokowi akan meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda pada hari ini, Selasa (17/12). (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan).
Balikpapan, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi Samboja-Samarinda di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Selasa (17/12). Setelah itu, kepala negara dijadwalkan mengunjungi kawasan ibu kota baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara di provinsi tersebut.

"Ini untuk memastikan titik mananya, ini kan gede banget, titik mana yang akan dipakai untuk lokasi yang kluster pemerintahan. Ini kan banyak, kluster pemerintahan, kesehatan, inovasi, artinya ada Istana, kementerian, dan lainnya," ucap Jokowi.

Tol Balsam merupakan salah satu infrastruktur jalan tol yang dibangun pemerintah dalam rangka mendukung konektivitas ke kawasan ibu kota baru. Pembangunan jalan tol itu diprioritaskan masuk ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).


Tol tersebut akan memiliki panjang sekitar 60 kilometer untuk sampai ke kawasan ibu kota baru. Tol Balsam terdiri dari lima seksi yang didanai oleh APBN, APBD, hingga pinjaman pemerintah China.

Sementara untuk ibu kota baru, Jokowi ingin melihat sendiri progres dari program besar pemerintah. Sebab, ia ingin memastikan seluruh proses pembangunan dan perpindahan ibu kota dilakukan dengan matang dan tepat.

"Sekali lagi ini bukan semata-mata memindahkan istana atau memindahkan gedung perkantoran pemerintah, bukan itu. Ini penanda bahwa negara kita telah melakukan transformasi ekonomi ke smart economy dengan dibangunnya kluster pendidikan, riset, dan inovasi," katanya.

Jokowi bertolak ke Balikpapan dari Lapangan Terbang Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma di Jakarta. Mantan wali kota Solo itu didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian, turut mendampingi juga Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Juru Bicara Presiden M. Fadjroel Rachman, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Di Balikpapan, Jokowi akan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Dari bandara, Jokowi juga akan bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat setempat.

[Gambas:Video CNN] (uli/sfr)