Erick Thohir Sudah Kantongi Nama Direksi Baru Garuda

CNN Indonesia | Jumat, 10/01/2020 10:57 WIB
Erick Thohir Sudah Kantongi Nama Direksi Baru Garuda Menteri BUMN Erick Thohir mengaku telah mengantongi nama direksi baru Garuda Indonesia. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku telah mengantongi nama direksi baru PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Namun, menyebut belum bisa membuka siapa nama-nama direksi baru tersebut.

Erick mengungkap nama-nama baru tersebut baru akan dibuka dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda, pekan depan.

"Sudah. Garuda, Insyaallah direksinya sudah ada. Komisaris mungkin masih minggu depan. Saya tidak mau cari problem dengan institusi yang ada, nanti disangka arogan padahal kita itu mau profesional dan transparan," jelas Erick.


Selain Garuda Indonesia, Erick sudah merombak sebagian jajaran direksi dan komisaris BUMN serta kementerian. Dia perombakan dilakukan karena adanya ketimpangan profit yang dihasilkan oleh BUMN.

Tercatat, kontribusi 15 BUMN dari 142 BUMN menyumbang 73 persen dari total profit. Sementara 27 persen profit lainnya dihasilkan dari 127 perusahaan lainnya.

"Berarti yang 15 ini yang harus benar-benar dijaga. Bukan berarti yang lain tidak dijaga, tapi kan hidup perlu prioritas," paparnya.

Lebih lanjut, Erick menyebut perombakan hanya lah penyegaran dan bersifat lumrah. Ini akan terus dilakukannya hingga terbentuk BUMN yang solid. Erick juga menyebutkan penilaian yang dibuatnya berdasarkan 3 komponen dasar yaitu akhlak, loyalitas dan team work atau kerja tim.

[Gambas:Video CNN] (wel/age)