Commonwealth Bank Respons Pembobolan Rekening Ilham Bintang

CNN Indonesia | Senin, 20/01/2020 16:47 WIB
Commonwealth Bank Respons Pembobolan Rekening Ilham Bintang Commonwealth Bank menyebut transaksi perbankan yang disanggah dilakukan dengan user ID dan password yang benar. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Commonwealth Bank angkat suara soal pembobolan rekening bank nasabahnya Ilham Bintang, melalui pencurian kartu subscriber identity module (SIM).

Senior Vice President Corporate Communications & Financial Inclusion Commonwealth Bank Bayu Irawan mengaku siap membantu proses dan langkah yang diperlukan untuk mendapatkan penjelasan atas kejadian tersebut.

Namun, ia menyebut bahwa transaksi mobile dan internet banking yang disanggah telah dilakukan dengan user id dan password (kata sandi) yang benar.

"Sebelum transaksi dijalankan, bank selalu mengirimkan OTP (one time password) untuk konfirmasi transaksi, baik yang melalui mobile banking maupun internet banking sesuai dengan prosedur bank," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Senin (20/1).

Sesudah transaksi dijalankan pun, sambung Bayu, sesuai dengan prosedur maka bank akan mengirimkan notifikasi melalui SMS dan email.

"Sejak saat pengaduan diterima dari nasabah pada 6 Januari 2020, tim kami selalu berkomunikasi dengan bapak IB, baik melalui RM, Call Center, dan pejabat senior bank," imbuh dia.

Pada kasus yang menimpa Ilham, user id dan password yang digunakan pelaku untuk membobol rekening sesuai, sehingga pelaku lancar dalam melakukan aksinya.

Sebelumnya, Ilham mengaku rugi ratusan juta rupiah pada rekeningnya karena pencurian kartu SIM. Kartu SIM Indosat miliknya diambil alih oleh pelaku. Pelaku mengaku sebagai dirinya dan meminta untuk mengganti kartu SIM di nomor 081680XXXXX.

Saat itu dirinya sedang berada di Sydney, Australia. Singkat cerita, Indosat kemudian meloloskan pelaku dalam proses verifikasi. Walhasil, ponsel yang Ilham pegang di Sydney tidak menerima sinyal sama sekali.

Ilham mengatakan penukaran kartu tersebut mengakibatkan pembobolan rekeningnya di Commonweath Bank. Selain itu, kartu kredit BNI-nya juga digunakan oleh pelaku pada 4,5, dan 6 Januari.

Lebih lanjut ia mengakui baru mengetahui pembobolan itu pada Senin (6/1) siang waktu Melbourne.

[Gambas:Video CNN]


(fey/bir)