ASDP Gelontorkan Rp600 M Demi Kembangkan Marina Labuan Bajo

CNN Indonesia | Selasa, 21/01/2020 11:39 WIB
ASDP Gelontorkan Rp600 M Demi Kembangkan Marina Labuan Bajo ASDP menggelontorkan investasi sebesar Rp600 miliar untuk mengembangkan kawasan marina di Labuan Bajo. (CNN Indonesia/Eka Santhika).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menggelontorkan investasi senilai Rp600 miliar untuk pengembangan Kawasan Marina Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Untuk membangun kawasan ini (Marina Labuan Bajo) kami gelontorkan anggaran hingga Rp600 miliar, mulai dari hotel, daerah komersial, dan marinanya sendiri," ujar Direktur ASDP Ira Puspadewi seperti dikutip dari Antara, Selasa (21/1).

Salah satu fasilitas di kawasan itu adalah hotel Inaya Bay Komodo yang pengelolaannya dikerjasamakan dengan BUMN Hotel Indonesia Grup (HGI). Pembangunan fasilitas juga mencakup satu-satunya aula konvensi yang berkapasitas berkapasitas 1.000 orang untuk kegiatan meeting, incentives, conferencing, and exhibitions (MICE).


Selanjutnya, marina bay akan selesai dibangun pada Desember 2020. Selain itu, akan akan dibangun pula "beach club" serta restoran terapung di depan hotel serta pengembangan dermaga penyeberangan.

Jika dirinci, anggaran untuk pengembangan hotel dan kawasan komersial tahap pertama sebesar Rp475 miliar. Lalu, investasi dermaga dan terminal penyeberangan sebesar Rp57  miliar. Adapun investasi marina bay dan beach club Rp68 miliar.

Kemudian, untuk pembangunan terminal dan dermaga penyeberangan Labuan Bajo ditargetkan akan selesai pada Juni 2021. Terminal tersebut rencananya mampu menampung dua kapal ferry dengan bobot ukuran diatas 10 ribu gross ton (GT).

Ia berharap kawasan Marina Labuan Bajo akan membuat waktu kunjungan wisatawan semakin lama. Hal itu sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kawasan wisata premium artinya kita harapkan ada diferensiasi dengan tempat-tempat (wisata) yang lain, kita harapkan di sini belanjanya lebih besar, 'stay-nya', tinggalnya lebih lama, kami harapkan itu," kata Jokowi saat menghadiri rapat terbatas bersama jajaran menteri di Labuan Bajo awal pekan ini.

[Gambas:Video CNN]


(Antara/sfr)