BPK Akan Laporkan Hasil Audit TVRI ke DPR Senin Depan

CNN Indonesia | Jumat, 14/02/2020 16:55 WIB
BPK akan melaporkan hasil pemeriksaan LPP TVRI ke DPR pada Senin (17/2). BPK akan melaporkan hasil pemeriksaan LPP TVRI ke DPR, Senin depan (17/2). (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan melaporkan hasil pemeriksaan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI) kepada DPR, Senin depan, (17/2). 

"Senin depan itu, BPK akan menyampaikan dalam pertemuan konsultasi dengan DPR terkait hasil pemeriksaan TVRI," kata Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK Selvia Vivi Devianti di Kantor BPK, Jakarta, Jumat (14/2).

Ia mengatakan bahwa laporan dilakukan berdasarkan permintaan BPK untuk berkonsultasi dengan DPR. Pasalnya, terdapat penemuan penting oleh BPK terkait hasil pemeriksaan TVRI.


"Mengapa? Karena ada poin penting, ada nota kesepahaman antara BPK dan DPR. BPK bisa menyampaikan atau meminta pertemuan konsultasi dengan lembaga perwakilan jika ada hasil pemeriksaan yang dianggap penting oleh BPK," jelasnya.

Selvia enggan merincikan penemuan penting apa yang akan dilaporkan tersebut. Ia mengatakan agenda dalam pertemuan itu akan membahas kinerja atas regulasi pelaksanaan tugas LPP TVRI 2017-2019.

"Nanti Senin saja ya," ujarnya singkat.

Sebelumnya, permasalahan seputar TVRI muncul ketika pemberhentian Helmy Yahya dari posisi Dewan Pengawas TVRI.

Hal tersebut juga tertera dalam SK Dewan Pengawas LPP TVRI Nomor 3 Tahun 2019 tertanggal 4 Desember 2019, lewat media sosial, pada awal Desember 2019 lalu.

Dalam SK itu, tertulis Helmy dinonaktifkan sementara dari kursi direktur utama TVRI. Melalui SK tersebut, Dewan Pengawas juga menetapkan Supriyono yang sebelumnya menjabat Direktur Teknik LPP TVRI sebagai Pelaksana Tugas Harian (Plt) Dirut LPP TVRI.

Dewas TVRI kemudian mengeluarkan surat pernyataan menanggapi kehebohan pemberhentian Helmy. Dalam pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com, mereka menyatakan pemberhentian Helmy selaku Dirut efektif dimulai pada 16 Januari 2020.

[Gambas:Video CNN]



(ara/age)