Prospek Perdagangan Global Suram Gara-gara Virus Corona

CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 11:58 WIB
Prospek Perdagangan Global Suram Gara-gara Virus Corona Proyeksi WTO terhadap perdagangan global kian memburuk seiring merebaknya wabah virus corona. Ilustrasi. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI).
Jakarta, CNN Indonesia -- Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memperkirakan wabah virus corona akan memperburuk proyeksi laju perdagangan global pada 2020.

Dikutip dari Antara, Selasa (18/2), WTO memprediksi indikator perdagangan barang turun menjadi 95,5 dari 96,6 yang dilaporkan pada November lalu.

Sebagai catatan, nilai indikator kurang dari 100 mengindikasikan pertumbuhan perdagangan di bawah tren jangka menengah.


WTO menjelaskan angka baru itu belum memperhitungkan perkembangan terbaru, seperti wabah virus corona yang dapat mengurangi prospek perdagangan lebih lanjut.

WTO mencatat perdagangan barang global turun 0,2 persen secara tahunan pada kuartal III 2019, dengan prospek membaik pada kuartal IV.

Namun, data baru menunjukkan pemulihan ini tidak akan berkelanjutan. Sebab, penurunan perdagangan diprediksi terjadi pada periode Januari-Maret 2020.

Sebagai informasi, indikator perdagangan WTO adalah gabungan data pesanan ekspor dalam survei bisnis, angkutan udara, pengiriman peti kemas, produksi dan penjualan mobil serta perdagangan komponen elektronik dan bahan pertanian, terutama kayu.

Indikator ini dirancang untuk mengidentifikasi titik balik dan mengukur momentum dalam pertumbuhan perdagangan global daripada memberikan perkiraan jangka pendek tertentu.

[Gambas:Video CNN]


(Antara/sfr)