Jokowi Tunjuk Lana Soelistianingsih Jadi Kepala LPS

CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 20:00 WIB
Jokowi Tunjuk Lana Soelistianingsih Jadi Kepala LPS Presiden Jokowi menunjuk Lana Soelistianingsih menjadi Kepala Eksekutif LPS menggantikan Fauzi Ichsan. (CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Lana Soelistianingsih menjadi Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggantikan Fauzi Ichsan, kepala sebelumnya yang telah berakhir masa jabatannya.

Lana ditunjuk berdasarkan surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisioner LPS.

Mengutip Antara, Kamis (20/2), Keppres Jokowi memberhentikan dengan hormat Fauzi Ichsan dan mengangkat Lana sebagai penggantinya.


Menteri Keuangan Sri Mulyani, dalam seremonial penyerahan Keppres, menaruh harap agar Lana dapat meningkatkan kolaborasi dengan instansi lain dalam mewaspadai tantangan ekonomi, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Lana sebagai Anggota Dewan Komisioner LPS, sekaligus Kepala Eksekutif, diharapkan dapat menjalankan fungsi penjaminan dan resolusi secara efektif, serta meningkatkan pencapaian kinerja LPS yang semakin baik dan berkelanjutan di masa datang," katanya.

Ia juga berharap Lana dapat memberikan kontribusi agar LPS menjadi lembaga yang kredibel dan semakin berkontribusi terhadap stabilitas sistem keuangan Indonesia.

Lana merupakan ekonom. Ia meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Pada 1995, ia meraih gelar Master of Economic Development dari Vanderbilt University, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat.

Kemudian, pada 2003, Lana Soelistianingsih meraih gelar Doktor di bidang Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Ia merintis karir di PT Samuel Sekuritas Indonesia sejak September 1996. Pada 2003, ia menjabat sebagai asisten peneliti untuk Boston Institute of Economic Development (BIDE) di Lexington.

Sejak 1 Oktober 2013, Lana bergabung sebagai Kepala Riset dan Ekonom di PT Samuel Aset Manajemen (SAM).

Berikut susunan Anggota Dewan Komisioner LPS yang baru:

Anggota merangkap Ketua: Halim Alamsyah
Anggota merangkap Kepala Eksekutif: Lana Soelistianingsih
Anggota non ex-officio: Didik Madiyono
Anggota (ex-officio Kemenkeu): Luky Alfirman
Anggota (ex-officio Bank Indonesia): Erwin Rijanto

[Gambas:Video CNN]


(Antara/bir)