DPR akan Gelar Rapat Panja Gabungan Cari Solusi Jiwasraya

CNN Indonesia | Rabu, 26/02/2020 06:31 WIB
DPR akan Gelar Rapat Panja Gabungan Cari Solusi Jiwasraya DPR akan menggelar rapat panja gabungan untuk cari solusi gagal bayar Jiwasraya. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Panitia Kerja (Panja) Komisi VI DPR RI Aria Bima menyebut pihak DPR bakal mengadakan rapat Panja Gabungan untuk menyelesaikan masalah Jiwasraya. Rencananya, rapat tersebut dilakukan dengan tiga panja, yakni Komisi VI, III dan XI.

"Kami akan ada rapat gabungan antara Panja Komisi VI, XI, dan III untuk memutuskan opsi seperti apa yang akan kami ambil. Ini yang akan dilakukan pada persidangan berikutnya," kata Aria setelah melakukan rapat dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jakarta, Selasa (25/2).

Apabila rapat tersebut berjalan lancar, lanjut Aria, pengembalian dana nasabah direncanakan dapat terlaksana pada Maret 2020.


"Rapat Panja gabungan untuk memutuskan sesegera mungkin opsi itu. Supaya rencananya pengembalian dana nasabah sudah bisa dilaksanakan insyaallah di akhir Maret," jelasnya.

Sayangnya, Aria belum dapat mengungkap opsi-opsi yang dibahas dalam rapat bersama BUMN hari ini. Hanya saja, ia mengatakan rapat gabungan itu akan turut membahas 4 opsi yang berhubungan dengan Penyertaan Modal Negara (PMN), holding ataupun privatisasi Jiwasraya.

"Itu bisa dilaksanakan semua, bisa tidak dilaksanakan semua. Tapi, intinya bukan kami tidak mau transparan, tapi ini masih proses," ungkapnya.

Setelah rapat terlaksana, Aria menjelaskan pemerintah dan DPR bakal mengikuti timeline berdasarkan opsi yang terpilih dalam rapat nanti. Berdasarkan paparannya, setidaknya terdapat 4 opsi yang akan dibahas. Aria memastikan bahwa opsi-opsi tersebut nanti akan dibuka untuk publik.

[Gambas:Video CNN]


(ara/age)