Cegah Virus Corona Menyebar, Pemerintah Siagakan Alat Deteksi

CNN Indonesia | Senin, 02/03/2020 14:04 WIB
Pemerintah mempersiapkan alat deteksi suhu di terminal dan pelabuhan untuk mencegah penyebaran virus corona. Pemerintah mempersiapkan alat deteksi suhu di terminal dan pelabuhan untuk mencegah penyebaran virus corona. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan mempersiapkan alat deteksi suhu (thermal scanner) di terminal dan pelabuhan penyeberangan untuk mencegah penyebaran virus corona. Langkah ini merupakan tindak lanjut terhadap 2 pasien yang positif terinfeksi virus corona.

"Saya nanti akan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan, terutama dinas kesehatan setempat," terang Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Senin (2/3).

Sebelumnya, pemerintah telah menyiapkan alat deteksi suhu di bandar udara (bandara). Umumnya pengecekan suhu tubuh dilakukan setelah penumpang turun dari pesawat.


"Jadi, minimal mungkin dideteksi panasnya, kemudian mungkin seperti yang dicatat juga di bandara," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut dua warga Indonesia positif terpapar virus corona. Keduanya sempat melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang positif terkena virus corona.

Informasi tersebut diumumkan kepala negara setelah tim Kementerian Kesehatan melakukan penelusuran. "Ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia. Dicek di sana ternyata positif Corona. Tim di Indonesia langsung menelusuri," katanya.

Penyebaran virus corona telah merebak di luar China. Korban meninggal dunia akibat infeksi virus corona hingga Senin (2/3) mencapai 3.041 orang di seluruh dunia. Sementara, penyebaran infeksi virus corona secara global mencapai 88.443 kasus.

[Gambas:Video CNN]

(ulf/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK