Corona, Kemenhub Kaji Larangan Kunjungan WNA dari 4 Negara

CNN Indonesia | Selasa, 03/03/2020 17:54 WIB
Kemenhub mengkaji larangan kunjungan WNA dari Korea Selatan, Jepang, Italia dan Iran karena virus corona. Kemenhub mengkaji rencana pembatasan kunjungan WNA dari 4 negara episentrum baru penyebaran virus corona. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan akan mengkaji pembatasan warga negara asing (WNA) dari negara episentrum baru penyebaran virus corona covid-19 masuk ke Indonesia. Budi menyebut, saat ini ada empat negara yang menjadi episentrum penyebaran virus corona.

"Ada empat negara tapi masih kemungkinan (dibatasi). Korea (Selatan), Jepang, Italia, sama Iran," ujar Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3).

Korea Selatan, Italia, dan Iran diketahui menjadi episentrum baru virus corona. Sebutan tersebut diberikan seiring jumlah kasus baru infeksi baru virus corona yang naik signifikan.


Meski demikian, Budi mengatakan hingga saat ini belum ada pembatasan dari negara-negara tersebut. Menurut Budi, rencana pembatasan WNA dari empat negara episentrum corona masih akan dibahas lebih lanjut oleh kementerian terkait.

"Sampai saat ini belum ada pembatasan, akan didiskusikan lagi di level menko," katanya.

Wabah virus corona terus menyebar hingga saat ini.  Sampai dengan Selasa (3/3) ini, virus sudah membunuh 3.117 orang.

Virus juga sudah menginfeksi 90.936 orang lainnya. Dari total infeksi tersebut, kasus terbanyak terjadi di China.

Total kasus infeksi di Negeri Tirai Bambu tersebut mencapai 80.151. Sementara itu jumlah korban meninggal akibat kasus tersebut mencapai 2.834 orang.

[Gambas:Video CNN]
Kasus terbanyak kedua terjadi di Korea Selatan. Total kasus infeksi mencapai 4.812 dengan jumlah kematian 66.

Kasus terbanyak ketiga ditempati Italia. Total kasus di negeri tersebut mencapai 2.036 dengan jumlah kematian 52.

Untuk Indonesia, sampai dengan saat ini ada dia kasus infeksi virus corona. Karena kasus itulah, pemerintah sebelumnya berencana membatasi WNA masuk ke Indonesia.

(psp/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK