Menteri-menteri Ekonomi Jokowi Tunggu Hasil Tes Virus Corona

CNN Indonesia | Senin, 16/03/2020 14:31 WIB
Hasil tes virus corona yang dilakukan menteri Kabinet Indonesia Maju keluar dalam waktu dua hari. Sejumlah menteri ekonomi Jokowi tunggu hasil tes virus corona yang akan keluar dalam waktu satu dua hari ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju sudah melakukan tes virus corona atau Covid-19 pasca Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi wabah tersebut. Saat ini, beberapa menteri masih menanti hasil dari tes virus corona tersebut.

Beberapa menteri yang sudah melakukan tes adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kemudian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir), dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.


Staf Khusus Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Atmadji Sumarkidjo mengatakan Luhut melakukan tes di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada Minggu (15/3). Nantinya, hasil dari tes tersebut akan diumumkan langsung oleh pihak rumah sakit.

"(Hasil tes) belum keluar. Nanti RSPAD Gatot Soebroto yang keluarkan pemeriksaan," ucap Atmadji kepada CNNIndonesia.com, Senin (16/3).

Kendati masih menanti hasil tes virus corona, Atmadji memastikan kondisi kesehatan Luhut saat ini cukup sehat. "Kondisi sehat sekali," jelas Atmadji.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Airlangga. Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono Moegiarso menuturkan Airlangga menjalani tes virus corona di RSPAD Gatot Soebroto kemarin.

Sementara, Susiwijono menyatakan hasil tesnya langsung diserahkan kepada Airlangga. Namun, ia tak memberikan kepastian apakah hasilnya sudah keluar atau belum.

[Gambas:Video CNN]
"Kami belum menerima infonya. Hasilnya langsung disampaikan ke Pak Menko (Airlangga). Sekarang beliau sedang rapat di kantor," ujar Susiwijono.

Kemudian, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari menyatakan Sri Mulyani melakukan tes pada Sabtu (14/3) lalu di RSPAD Gatot Soebroto. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan penularan virus corona.

"Betul (lakukan tes virus corona). Sesuai standar penanganan pelacakan, mereka yang kemungkinan berinteraksi dengan seseorang yang positif terkena virus corona, maka dilakukan tes untuk mengetahui risiko penularan," ungkap Rahayu.

Saat ini, bendahara negara itu masih menunggu hasil pengecekan virus corona. Namun, Rahayu memastikan Sri Mulyani dalam kondisi sehat.

"Beliau sehat dan menjalankan aktivitas seperti biasa," imbuhnya.

Selain itu, Basuki dan Bahlil juga sedang menanti hasil tes virus corona yang dilakukan kemarin. Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Saleh Atmawidjaja menyatakan hasil tes akan keluar dalam satu sampai dua hari ke depan.

"Sudah lakukan tes seperti menteri-menteri lain. Kami tunggu hasilnya dalam satu atau dua hari ini ya," ucap Endra.

Begitu juga dengan Bahlil. Ia mengaku dijanjikan oleh pihak rumah sakit bahwa hasil tes akan keluar dalam waktu dua hari ke depan. Kendati demikian, kondisi tubuhnya saat ini dalam kondisi sehat.

"Hasil tes belum keluar, masih dua hari lagi. Tapi dari darah dan paru-paru Insya Allah semua bagus," katanya.

Sementara, Sofyan dan Erick sendiri telah melakukan tes dan hasilnya sudah keluar. Keduanya dinyatakan negatif dari virus corona.

Kepala Biro Humas Kementerian ATR Yulia Jaya Nirmawati menuturkan Sofyan melakukan uji medis dilakukan pada Sabtu lalu. Kondisi kesehatan Sofyan hingga saat ini terbilang sehat.

"Kami informasikan bahwa pak Menteri ATR sudah cek di RSPAD dan hasilnya negatif," katanya.


Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga juga memastikan Erick dalam keadaan baik-baik saja. Hasil tes virus corona yang dilakukan kemarin dinyatakan negatif.

"Beliau tadi mengatakan bahwa beliau akan tetap bekerja setiap hari dan akan terus memastikan bahwa Kementerian BUMN berjalan dengan baik," pungkas Arya. (aud/agt)