Cegah Corona, Metland Tutup Operasional 3 Mal Selama 12 Hari

CNN Indonesia | Jumat, 27/03/2020 07:59 WIB
Cegah Corona, Metland Tutup Operasional 3 Mal Selama 12 Hari Metland menutup operasional 3 mal untuk mencegah penyebaran virus corona. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari).
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajemen PT Metropolitan Land Tbk (Metland) menutup sementara 3 mal yang dikelola di Jabodetabek untuk mencegah penyebaran virus corona. Ketiga pusat perbelanjaan yang dihentikan sementara operasionalnya yaitu Metropolitan Mall Bekasi, Grand Metropolitan dan Metropolitan Mall Cileungsi.

Perusahaan mengumumkan pemberhentian operasi mal mulai hari ini, 27 Maret hingga 7 April 2020 atau selama 12 hari.

"Selain untuk membatasi jumlah kerumunan orang, pada saat penutupan akan dilakukan general cleaning dan penyemprotan disinfektan diseluruh area mal," kata Direktur PT Metropolitan Land Tbk Olivia Surodjo seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (27/3).


Penutupan, sambung Olivia, tidak diberlakukan pada tenant yang melayani kebutuhan dasar masyarakat. Beberapa tenant yang masih akan beroperasi di antaranya toko farmasi, supermarket, dan ATM masih akan beroperasi.

Jam operasi tenant tersebut pun diperpendek menjadi pukul 11.00 hingga 19.00 WIB untuk mencegah penyebaran virus corona. Sementara khusus untuk penyedia makanan dan minuman (F&B) diberlakukan take away delivery.

Olivia menyebut, sejak seminggu terakhir, Metland telah menyesuaikan waktu operasi. Jam transaksi diperpendek dari normal menjadi pukul 11 - 21 WIB. Ia juga mengaku keputusan tersebut akan berpengaruh kepada target pertumbuhan retail tahun ini. Namun, ia tidak merinci berapa besar proyeksinya.

Sebelumnya, berbagai pusat perbelanjaan terutama di Jakarta telah mengumumkan penutupan usaha mereka. Manajemen PT Plaza Indonesia Realty Tbk memutuskan untuk menutup sementara Plaza Indonesia.

General Manager Tenant Comm Relations Customer Service & SQA Plaza Indonesia Stella Kohdong mengatakan manajemen menutup sementara Plaza Indonesia demi mencegah penyebaran wabah tersebut. Maklum, penyebaran wabah itu sudah semakin meluas di dalam negeri.

[Gambas:Video CNN]

"Plaza Indonesia akan tutup sementara waktu terhitung dari tanggal 25 Maret-3 April 2020," ujar Stella dalam keterangan resmi.

Selain itu, manajemen PT Elite Prima Hutama juga mengumumkan penutupan sementara Mal Kota Kasablanka mulai 29 Maret hingga 7 April 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona. Pusat perbelanjaan akan kembali beroperasi pada Rabu, 8 April 2020.

(wel/sfr)