PSBB DKI, Keberangkatan 5 Kereta Surabaya-Jakarta Dibatalkan

CNN Indonesia | Jumat, 10/04/2020 16:22 WIB
PSBB DKI, Keberangkatan 5 Kereta Surabaya-Jakarta Dibatalkan Ilustrasi pembatalan keberangkatan kereta api. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Surabaya, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya memangkas lima keberangkatan kereta api jauh tujuan Jakarta terkait dengan berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pencegahan penyebaran virus corona di DKI Jakarta.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Suprapto mengatakan, hal itu dimaksudkan untuk membantu pemerintah dalam menekan angka penyebaran covid-19.

Suprapto mengatakan setidaknya ada lima KA jurusan Jakarta yang harus dibatalkan. Rencananya pemberhentian ini akan berlaku mulai hari ini, Jumat 10 sampai dengan 23 April 2020.


"Keputusan pembatalan keberangkatan 5 KA ke Jakarta karena terkait PSBB di kota itu. Yang mana pembatasan juga berlaku pada jadwal transportasi umum pukul 06.00 WIB s.d 18.00 WIB," kata Suprapto, Jumat (10/4).


Lima KA tujuan Jakarta yang dibatalkan operasionalnya pada 10 sampai 23 April, yakni:

1. KA Argo Anggrek Pagi (KA 3/ KA 6) relasi Surabaya Pasarturi - Gambir/PP.
2. KA Argo Anggrek malam ( KA 5/ KA 4) relasi Surabaya Pasarturi - Gambir/PP.
3. KA Gajayana (KA 75/ KA 76A) relasi Malang - Gambir /PP.
4. KA Jayabaya (KA 116-113/ KA 114 - 115) relasi Malang - Surabaya Pasarturi - Pasar Senen/PP.
5. KA Matarmaja (KA 291/ KA 292) relasi Malang - Pasar senen/PP.

Meski begitu, masih terdapat dua KA yang masih dioperasikan ke arah Jakarta. Yaitu KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen Jakarta/PP dan KA Bima relasi Surabaya Gubeng - Gambir Jakarta/PP.


Kedua KA tersebut tetap berjalan, lantaran jadwal kedatangan dan keberangkatan di Jakarta sesuai dengan jam operasi transportasi umum yang telah ditetapkan.

Berikut jadwal keberangkatan dan kedatangan dua KA tujuan Jakarta yang masih beroperasi.

1. KA 255A/KA Kertajaya relasi Surabaya Pasar Turi - Pasarsenen. Berangkat Surabaya Pasarturi pukul 21.05 WIB dan datang di Stasiun Pasarsenen pukul 08.36 WIB.

2. KA 71/KA Bima relasi Surabaya Gubeng - Gambir. Berangkat Surabaya Gubeng pukul 17.00 WIB, dan datang di Stasiun Gambir pukul 05.43 WIB.


Kata Suprapto, di hari normal PT KAI Daop 8 Surabaya biasanya mengoperasikan hingga 17 KA relasi Surabaya ke Jakarta.

Bertambahnya 5 KA yang diberhentikan, menambah catatan pada bulan April lalu di mana sudah ada 27 keberangkatan KA jarak jauh yang ditiadakan.

"Ini terpaksa dihentikan karena penurunan jumlah penumpangnya juga sangat signifikan," jelas Suprapto.

Suprapto lebih jauh menjelaskan, perjalanan KA Jarak jauh atau menengah di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yang masih beroperasi di bulan April 2020 hanya berjumlah 14 KA.


Dari 14 KA yang masih beroperasi, pembatasan kuota tempat duduk penumpang juga dilakukan.

"KA yang tetap beroperasi, tiket kursi kami jual hanya 50 persen saja. Ini dimaksudkan agar bisa menerapkan physical distancing antar penumpang," pungkasnya. (frd/osc)

[Gambas:Video CNN]