Cara Refund Tiket Kereta agar Tak Hangus oleh Larangan Mudik

CNN Indonesia
Kamis, 23 Apr 2020 13:17 WIB
Calon pemudik mencetak tiket secara mandiri di  Stasiun Kereta Api Senen, Jakarta, Kamis, 9 Juli 2015. Puncak arus mudik penumpang yang menggunakan kereta api di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, diprediksi mulai H-5 hingga H-1. CNN Indonesia/Safir Makki Masyarakat yang tidak jadi pulang kampung karena larangan mudik bisa mengajukan refund uang tiket lewat aplikasi atau datang ke stasiun. Ilustrasi. (CNNIndonesia/ Mohammad Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) memutuskan untuk menghentikan operasi kereta jarak jauh mulai Jumat (24/4) demi mempersempit penyebaran virus corona. Nah, agar kebijakan tersebut tak membuat uang tiket pemudik Lebaran 2020 hangus, KAI menjelaskan penumpang bisa mengurus pengembalian uang tiket atau refund.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan proses refund dapat dilakukan melalui aplikasi maupun datang langsung ke loket stasiun. Berikut caranya.

Untuk melalui aplikasi, pembatalan dapat dilakukan hingga maksimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan. Joni menuturkan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.

Caranya pembatalan ada enam tahapan.

Pertama, pilih menu pembatalan pada aplikasi KAI Access.

Kedua, memilih tiket yang akan dibatalkan.

Ketiga, pada halaman detail, pilih menu pembatalan.

Keempat, isi data penumpang termasuk akun bank untuk pengembalian dana.

Kelima, pengguna melakukan konfirmasi refund. Pengembalian dana diberikan 100 persen meskipun dalam aplikasi diinformasikan potongan biaya 25 persen.

Keenam, cek proses pembatalan pada halaman riwayat.

Sementara itu, pembatalan melalui loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan kereta api jarak jauh dan lokal. Maksimal pembatalan di loket stasiun hingga 30 hari sebelum jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking. Jika melalui loket, uang pengguna akan diganti secara tunai.

Selain itu, Joni mengatakan KAI akan menghubungi calon penumpang melalui Contact Center 121 di 021-121. Selanjutnya, calon penumpang diharapkan mengikuti petunjuk. Kebijakan pembatalan perjalanan kereta api ini akan terus dievaluasi dengan mempertimbangkan perkembangan situasi di lapangan.

"Jika belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(ulf/agt)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER