Cerita PNS Nikmati THR di Tengah Penyebaran Corona

CNN Indonesia | Kamis, 21/05/2020 14:43 WIB
Sejumlah Pegawai negeri sipil (PNS) Pemrov DKI 
mengikuti upacara Hari Kelahiran Pancasila di Silang Monas, Jakarta, 1 Juni 2019.
Pemerintah menginstruksikan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengikuti upacara tersebut jelang libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri. PNS bercerita THR lebaran tahun ini tidak banyak dimanfaatkan untuk belanja atau jalan-jalan karena ada corona. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- PNS mengencangkan ikat pinggang pada Lebaran tahun ini. Kalau biasanya pada masa Lebaran, mereka banyak memanfaatkan uang, termasuk Tunjangan Hari Raya (THR) untuk belanja dan berjalan-jalan, tahun ini kebiasaan tersebut banyak berubah.

Perubahan kebiasaan tersebut salah satunya terjadi pada Nurul Hidayah, salah satu PNS di Kabupaten Banyumas. Ia mengaku THR tahun ini ia tidak manfaatkan untuk belanja dan jalan-jalan.

Ia yang bekerja di RSUD Banyumas lebih memilih untuk mengurangi aktivitas di luar rumah karena sadar betul bahaya virus Corona. "Jadi enggak kemana-mana supaya bisa cepat selesai (pandeminya), " tutur Nurul kepada CNNINdonesia pekan ini.


Karena tak termanfaatkan untuk belanja dan jalan- jalan, ia memilih mengirimkan uang kepada keponakan dan orangtuanya di rumah. Selain itu uang THR-nya juga digunakan untuk bersedekah dan membantu orang-orang terdampak Covid-19.

Sisanya, kata Nurul, akan ditabung untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak. "Tahun lalu belanja lebih banyak, ada anggaran untuk jalan-jalan juga. Tahun ini enggak," ucapnya.

Segendang sepenarian dengan Nurul, Indah Zumtorun, PNS di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga mengaku pengeluarannya untuk lebaran tahun ini relatif lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Apalagi, ia tak bisa mudik ke kampung halamannya di Purworejo, Jawa Tengah.

"Untuk alokasi pure THR, ya di-save dulu nanti dipakai pas pulang," ujarnya.

Meski demikian, ia mengaku sedikit kecewa lantaran THR yang diterimanya tahun ini tidak sebesar tahun lalu. Sebagai PNS yang masih baru, ia mengaku bergantung penuh pada THR untuk menopang pengeluarannya.

"Cepat atau lambat kan kami juga pasti pulang kampung menebus waktu Lebaran, yang mana pengeluaran kan juga sama aja. Yang pasti, sih, pengeluaran (di kampung) bakal nombok bongkar tabungan. Karena THR nya enggak penuh," terangnya.

[Gambas:Video CNN]


(hrf/agt)