Iwan Sunito Ungkap Rahasia Pilih Partner Bisnis

CNNIndonesia TV, CNN Indonesia | Selasa, 16/06/2020 11:29 WIB
Iwan Sunito (iklan) Iwan Sunito dalam kelas eksklusif virtual The Secrets yang digelar CNNIndonesia TV, Sabtu (13/6). (Foto: Dok.CNNIndonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Iwan Sunito berdiskusi tentang salah satu rahasia bisnis terpenting, yakni memilih rekan saat memulai usaha, pada Sabtu (13/6). Sekitar 100 orang peserta dari Aceh sampai Papua mengikuti kelas eksklusif virtual bertajuk The Secrets yang digagas oleh CNNIndonesia TV tersebut.

Dari kantor di Sydney, Australia, Iwan membeberkan tiga prinsip yang ia gunakan sampai sekarang. Disingkat sebagai 3C, yakni Chemistry atau kecocokan, Character, serta Capacity.

"Chemistry itu kecocokan Anda dengan dia. Biasanya kalau orang partner-an jangan cepat-cepat jatuh cinta pada first sight, gitu. Prinsipnya adalah berteman dulu selama berbulan-bulan, bertahun-tahun, baru partner-an," kata pendiri dan CEO Crown Group itu.
Menurut Iwan, jika kerja sama berangkat dari antusiasme beberapa kecocokan sejak awal perkenalan, hal itu dapat berisiko besar ke depannya. Demikian juga soal karakter atau Character, sebaiknya dikenali lebih dalam sifat dan kekuatan mental si rekan bisnis.


Iwan menekankan, hubungan antar rekan bisnis harus mengutamakan kejujuran dan keterbukaan. Lebih lanjut ia memaparkan tentang kapasitas atau Capacity, dan menganjurkan untuk mencari pasangan bisnis yang melengkapi kekurangan diri sendiri.

"Cari teman yang skill-nya melengkapi kita. Bukan menyaingi kita. Jangan mencari partner yang kapasitasnya competing with you. Cari yang completing with you. Kalau dengan kapasitas sama, apa pun yang saya bilang baik, belum tentu dia bilang baik," ungkap Iwan.

Menanggapi pertanyaan peserta yang sedang bingung antara rutinitas di kantor atau bisnis sampingan, Iwan dengan bersemangat meminta peserta itu untuk memilih yang paling disukai dan fokus menjalaninya. Fokus yang terpecah hanya akan menyulitkan mendapat hasil yang baik.
"Jika Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai, dibayar kecil atau tidak dibayar pun Anda akan tetap puas. Karena customer Anda akan menceritakan kualitas Anda ke teman-temannya. 70-90 percents of your result will come from friend to friend," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Iwan menuturkan pengalamannya mengalami pasang surut dalam berbisnis. Pria kelahiran Surabaya yang telah berkecimpung di dunia properti selama beberapa dekade itu mengaku membaca buku karya W. Chan Kim dan R. Mauborgne dari Harvard Business Review Press berjudul BLUE OCEAN STRATEGY: How to Create Uncontested Market Space and Make the Competition Irrelevant.

Dari sana, ia kemudian memilih fokus pada kekuatan dan value baru, serta tidak terpancing bloody competition di market terkait harga. Di masa pandemi Covid-19 saat ini, Iwan mengatakan Crown Group menerapkan cara pemasaran baru yang terbukti berhasil, yaitu dengan 360° Videos dan Virtual Tour. (rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK