Erick Thohir Angkat Rizal Mallarangeng Jadi Komisaris Telkom

CNN Indonesia | Jumat, 19/06/2020 18:46 WIB
Rizal Mallarangeng Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran direksi Telkom, salah satunya Rizal Mallarangeng yang masuk jajaran komisaris. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom. Penyegaran jajaran direksi tersebut disahkan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Telkom yang digelarJumat, (19/6).

Salah satu pemain baru di jajaran Direksi Telkom adalah Presiden Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid sebagai Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom. Fajrin menggantikan posisi Faizal R. Djoemadi.

Rumor penunjukan Fajrin memang sudah beredar sebelumnya. Apalagi, Erick sempat membocorkan bakal ada direktur baru di Telkom. Direktur baru itu usianya di bawah 40 tahun, atau dari kalangan milenial.


"Saya bocorkan mungkin, salah satu direksinya usianya di bawah 40 tahun," kata Erick belum lama ini.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengatakan Fajrin akan menyerahkan tugas dan tanggung jawab fungsional harian sebagai Presiden Bukalapak kepada para Dewan Direksi dan Manajemen Bukalapak.

"Kami mengonfirmasi bahwa salah satu Co-Founder sekaligus Presiden Bukalapak, Muhammad Fajrin Rasyid, telah resmi ditunjuk dan ditetapkan sebagai Direktur Digital Business Telkom Indonesia," ujar Rachmat dalam siaran resmi dikutip Jumat (19/6).

Sementara itu, pemegang saham tidak mengubah posisi Direktur Utama, yaitu Ririek Adriansyah. Susunan komisaris dan direksi baru perusahaan pelat merah tersebut dikonfirmasi oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Alex Denni.

"Ya, sudah RUPS," kata Alex kepada CNNIndonesia.com.

Berikut jajaran direksi dan komisaris Telkom:
Komisaris

Komisaris Utama: Rhenald Kasali
Komisaris Independen: Marsudi Wahyu Kisworo
Komisaris Independen: Ahmad Fikri Assegaf
Komisaris Independen: Wawan Irawan
Komisaris Independen: Chandra Arie Setiawan
Komisaris: Marcelino Pandin
Komisaris: Ismail
Komisaris: Alex Denni
Komisaris: Rizal Mallarangeng

Direksi

Direktur Utama: Ririek Adriansyah
Direktur Wholesale & International Service: Dian Rachmawan
Direktur Human Capital Management: Afriwandi
Direktur Keuangan: Heri Supriadi
Direktur Consumer Service: FM Venusiana R.
Direktur Enterprise & Business Service: Edi Witjara
Direktur Network & IT Solution: Herlan Wijanarko
Direktur Digital Business: Muhammad Fajrin Rasyid
Direktur Strategic Portfolio:Budi Setiawan Wijaya

[Gambas:Video CNN]

Selain merombak direksi, dalam RUPST kali ini pemegang saham juga menyepakati pembagian dividen sebesar Rp15,26 triliun. Dividen tersebut setara 81,78 persen dari laba bersih 2019 yakni Rp18,66 triliun.

Rincian dividen terdiri dari 60 persen atau Rp11,20 triliun merupakan dividen tunai. Sedangkan sisanya, 21,78 persen atau Rp4,06 triliun merupakan dividen spesial.

"Sementara itu, sisanya sebesar 18,22 persen atau Rp3,40 triliun merupakan laba ditahan," ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam keterangan tertulis.

Ia menuturkan dividen tunai dan dividen spesial akan dibayarkan secara sekaligus selambat-lambatnya pada tanggal 23 Juli 2020. Penerima dividen tunai dan dividen spesial adalah para pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan per tanggal 1 Juli 2020 sampai dengan pukul 16.15 WIB.

"Sesuai dengan keputusan RUPST tersebut maka sebesar 81,78 persen dari laba bersih Rp18,66 triliun yang dibukukan perseroan sepanjang 2019 akan dibagikan sebagai dividen. Sedangkan sisanya digunakan untuk membiayai pengembangan usaha Perseroan," imbuhnya.



(ulf/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK