Temuan Vaksin Corona jadi Harapan Pemulihan Harga Minyak

CNN Indonesia | Selasa, 21/07/2020 08:21 WIB
Harga minyak mentah dunia menguat ditopang oleh harapan temuan vaksin corona di Amerika Serikat. Harga minyak mentah dunia menguat ditopang oleh harapan temuan vaksin corona di Amerika Serikat. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Agus Triyono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Harga minyak mentah dunia naik pada perdagangan Selasa (21/7), ditopang oleh harapan temuan vaksin corona (covid-19).


Melansir Antara, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman September naik 14 sen atau 0,3 persen menjadi US$43,28 per barel di London ICE Futures Exchange. 

Sementara, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus naik 22 sen atau 0,5 persen menjadi US$40,81 per barel di New York Mercantile Exchange.



"Seperti yang terjadi, harga tidak mungkin menghasilkan keuntungan yang cukup besar segera hingga sinyal bahwa pandemi corona melambat," ujar Kepala Pasar Minyak Rystad Energy Bjornar Tonhaugen.


Diketahui, lebih dari 14,5 juta orang terinfeksi virus corona secara global dan kasus korban meninggal menembus  604 ribu.

Namun demikian, harga minyak berhasil menguat setelah tiga kelompok menyatakan pengembangan potensi vaksin menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Vaksin virus corona eksperimental yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford Inggris dinyatakan aman dan menghasilkan respons kekebalan dalam uji klinis tahap awal.

Data menunjukkan, dengan harapan temuan vaksin corona tersebut bisa digunakan pada akhir tahun.


Selain itu, pembuat obat AS Pfizer dan CanSino Biologics China juga melaporkan tanggapan positif kandidat vaksin mereka beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)