Kemenkeu Siapkan Alternatif Lain Atasi Kasus Jiwasraya

CNN Indonesia | Jumat, 24/07/2020 20:01 WIB
Kemenkeu mengatakan pemerintah tengah menyiapkan alternatif lain untuk menyelesaikan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kemenkeu mengatakan pemerintah tengah menyiapkan alternatif lain untuk menyelesaikan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero).(CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan pemerintah tengah menyiapkan alternatif lain untuk menyelesaikan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Namun, pemerintah masih enggan membeberkan alternatif lain yang dimaksud.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengatakan penjelasan skema penyelamatan Jiwasraya akan disampaikan satu pintu melalui Kementerian BUMN.

"Kami lihat di Agustus kira-kira akan tampil atau tidak karena memang ada alternatif lain untuk selesaikan masalah Jiwasraya," ujarnya, Jumat (24/7).


Namun, ia memastikan pemerintah tidak akan menambah investasi langsung pada perusahaan asuransi jiwa perusahaan pelat merah itu. Terkait dengan Penyertaan Modal Negara (PMN) di 2021 mendatang kepada perseroan, ia bilang akan diumumkan Agustus mendatang bertepatan dengan pembacaan nota keuangan RUU APBN 2021.

"Jadi kami akan gunakan vehicle (perantara) lain untuk bisa kemudian mengambil alih portofolio," paparnya.

Sejalan dengan itu, pemerintah masih terus mengawal kasus hukum yang membelit Jiwasraya. Khususnya, kata dia, berkaitan dengan pemulihan aset dari para tersangka.

"Karena kami tidak bisa sembarangan mengatakan Rp1 triliun atau Rp3 triliun untuk menangani Jiwasraya kalau kami juga belum bisa mendapatkan kejelasan mengenai berapa yang bisa kami settle dengan pemulihan nilai-nilai aset berapa yang kemudian memang harus ditambah oleh orang-orang yang seharusnya bertanggung jawab," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pemerintah akan membentuk perusahaan asuransi baru, yaitu PT Nusantara Life guna menyelamatkan nasabah Jiwasraya. Selanjutnya, terdapat peluang bagi pemerintah untuk menutup Jiwasraya setelah semua nasabahnya memindahkan polisnya ke Nusantara Life.

"Ya (Jiwasraya) pada akhirnya tutup, pada akhirnya tutup. Tapi memang kami harapkan seluruh pemegang polis ini, kami harapkan nanti mau untuk pindah begitu. Karena yang Jiwasraya memang tidak ada pesertanya," ujarnya belum lama ini.

[Gambas:Video CNN]



(ulf/age)