Syarat Perjalanan Jauh Naik Kereta Api Saat Corona

cnn, CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 13:30 WIB
KAI Daop 1 Jakarta kembali menambah perjalanan kereta api jarak jauh pada Agustus 2020. Berikut syarat melakukan perjalanan dengan kereta api. KAI Daop 1 Jakarta kembali menambah perjalanan kereta api jarak jauh pada Agustus 2020. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta kembali menambah perjalanan kereta api (KA) pada Agustus 2020. Sebanyak 5 (lima) KA akan mulai beroperasi dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen menuju kota Bandung, Malang, Kutoarjo dan Solo.

Tambahan 5 KA tersebut termasuk pengoperasian kembali KA Argo Parahyangan tujuan Bandung. Namun, ada beberapa protokol dan aturan selama beroperasi di tengah pandemi virus corona.

Berikut aturan dan syarat perjalanan jarak jauh menggunakan kereta api.


1. Pemesanan Tiket H-7

Untuk saat ini pemesanan tiket KA hanya dapat dilakukan melalui sistem online dan baru dapat dipesan paling cepat 7 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Pemesanan online dapat melalui Aplikasi KAI Access, website kai.id dan channel eksternal yang telah bekerjasama. Sedangkan loket stasiun hanya melayani tiket go show yang dilayani 3 jam sebelum keberangkatan.

2. Menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test).

Surat bebas covid-19 diharapkan yang masih berlaku 14 hari sejak diterbitkan. Namun, calon penumpang bisa melakukan rapid test di area stasiun yang disediakan.

Calon penumpang juga bisa menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test.

3. Calon penumpang dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

4. Menggunakan masker pribadi dan mengenakan pelindung wajah (faceshield) yang disediakan oleh KAI. Penggunaan faceshield dilakukan baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung. Untuk pelanggan dengan usia di bawah 3 tahun agar menyediakan sendiri face shield pribadi.

4. Mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan di dalam rangkaian KA

[Gambas:Video CNN]



(age/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK