Erick Thohir Copot Dirut Asabri

CNN Indonesia | Rabu, 05/08/2020 19:43 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengganti direktur utama PT Asabri (Persero) Sonny Widjaja dengan R Wahyu Suparyono. Menteri BUMN Erick Thohir mengganti direktur utama PT Asabri (Persero) Sonny Widjaja dengan R Wahyu Suparyono. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk R Wahyu Suparyono sebagai Direktur Utama PT Asabri (Persero). Wahyu menggantikan Sonny Widjaja yang telah menjabat sebagai pucuk pimpinan Asabri sejak 29 Maret 2016.

Keputusan itu diambil melalui Rapat Umum Pemegang Saham perseroan seperti tertuang dalam Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-264/MBU/08/2020 tanggal 4 Agustus 2020.

Terpisah, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan pergantian dirut merupakan bentuk penyegaran organisasi di tubuh perusahaan pelat merah itu. Penunjukan itu juga berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan).


"Masukan juga dari kementerian teknisnya, yaitu Kemenhan juga diperhatikan. Jadi, masukan-masukan semua kami perhatikan, memang sudah perlu penyegaran di sana," ujarnya, Rabu (5/8).

Sebelumnya, Erick telah merombak jajaran direksi Asabri, melalui Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-36/MBU/01/2020.

Dalam surat keputusan tersebut Erick memberhentikan Herman Hidayat dan Rony Hanityo Apriyanto dari jabatannya sebagai direktur di Asabri.

Sebagai gantinya, ia mengangkat Eko Setiawan sebagai Direktur SDM dan Hukum, Helmi Imam Satriyono sebagai Direktur Keuangan, dan Jeffry Haryadi P. Manullang sebagai Direktur Investasi.

Selain itu, juga diputuskan perubahan nomenklatur jabatan anggota direksi perusahaan. Semula, hanya tertulis direktur menjadi direktur SDM dan hukum, direktur keuangan, dan direktur investasi.

Berikut susunan direksi Asabri:
Direktur Utama: R Wahyu Suparyono
Direktur SDM dan Hukum: Eko Setiawan
Direktur Keuangan: Helmi Imam Satriyono
Direktur Investasi: Jeffry Haryadi P Manullang

[Gambas:Video CNN]



(ulf/bir)