Penjualan Ritel AS Mulai Naik 1,2 Persen pada Juli 2020

CNN Indonesia | Sabtu, 15/08/2020 18:08 WIB
Penjualan ritel Amerika Serikat tumbuh 1,2 persen secara bulanan pada Juli 2020 di tengah pandemi virus corona. Penjualan ritel Amerika Serikat tumbuh 1,2 persen secara bulanan pada Juli 2020 di tengah pandemi virus corona.Ilustrasi. (AFP/WILLIAM WEST)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penjualan ritel Amerika Serikat (AS) tumbuh 1,2 persen secara bulanan (month-to-month/mtm) pada Juli 2020 di tengah pandemi virus corona. Departemen Perdagangan AS mencatat pertumbuhan tersebut merupakan yang ketiga kalinya sejak Mei 2020.

Dikutip dari AFP, pada bulan sebelumnya, penjual ritel tumbuh lebih tinggi yakni 8,4 persen. Posisi tersebut juga tumbuh 2,7 persen dibandingkan periode sama 2019.

Meski demikian, pertumbuhan penjualan ritel pada Juli lalu lebih rendah dari ekspektasi para ekonom. Hal ini disebabkan turunnya penjualan mobil sebesar 1,3 persen secara bulanan. 


Namun, jika penjualan mobil tak dimasukkan dalam komponen penghitungan, total penjualan ritel AS pada Juli tumbuh lebih tinggi yakni 1,9 persen.

Jika dilihat sepanjang tahun berjalan, penjualan ritel juga lebih rendah 2,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu akibat pandemi Covid-19.

Penjualan elektronik, peralatan dan pakaian semuanya membukukan peningkatan yang solid. Namun, ada beberapa kategori yang mengalami 'ledakan' penjualan pada pekan awal pandemi Covid-19 justru mulai menunjukkan tanda melambat pada Juli.

Persediaan bangunan dan taman turun hampir tiga persen. Namun, masih tetap tumbuh hampir 15 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Sementara barang-barang olahraga, hobi, musik, dan buku turun lima persen tetapi hampir 18 persen lebih tinggi dari Juli 2019.

Sementara itu, pengecer online melihat ada potensi rebound 0,7 persen setelah mengalami penurunan tajam pada Juni.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/age)