Menaker Sebut Pandemi Tak Surutkan Semangat Majukan Indonesia

Kementerian Ketenagakerjaan, CNN Indonesia | Senin, 17/08/2020 18:44 WIB
Ida Fauziyah berharap di usia 100 tahun mendatang, Indonesia telah menjadi salah satu negara terbaik di dunia yang disegani. Ida Fauziyah berharap di usia 100 tahun mendatang, Indonesia telah menjadi salah satu negara terbaik di dunia yang disegani. (Foto: Kemnaker)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengajak seluruh elemen bangsa mempersiapkan diri menuju 100 tahun Indonesia Merdeka sejak sekarang. Tujuannya, agar di usia 1 abad nanti, Indonesia sudah menjadi salah satu negara terbaik di dunia yang disegani.

"Nanti 25 tahun ke depan Indonesia akan memasuki umur 1 abad. Kita semua harus bersama-sama mewujudkan cita-cita luhur agar Indonesia akan menjadi negara terbaik dan disegani negara-negara di dunia," ujar Ida seusai mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di ruang Tridharma Kementerian Ketenagakerjaan, di Jakarta, Senin (17/8).

Ida yang mengikuti upacara dalam balutan kebaya encim mengakui peringatan tahun ini terasa berbeda dibandingkan tahun-tahun terdahulu. Upacara memperingati detik-detik proklamasi Indonesia di Istana Merdeka pun tak seramai yang lalu, meski menurut Ida tetap tak mengurangi semangat memajukan Indonesia.


"Upacara dilaksanakan secara sederhana, khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kegiatan yang menyebabkan keramaian atau pengumpulan massa ditiadakan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona," katanya.

Kemerdekaan, bagi Ida pribadi, memili arti merefleksikan diri sejauh mana bisa memberi kepada negara. Sekecil apapun yang dilakukan, hendaknya memberikan yang terbaik. Lebih lanjut, Ida menuturkan kenangan masa kecil saat memperingati Hari Kemerdekaan RI, di mana dirinya aktif mengikuti lomba-lomba yang digelar.

"Yang paling saya suka dan ingat, perlombaan makan kerupuk dan balap bawa kelereng dengan menggigit sendok. Kalau panjat pinang, hanya menonton saja. Itu kenangan-kenangan indah yang tak terlupakan," tuturnya.

Ida mengikuti upacara memperingati detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta secara virtual. Perayaan HUT RI Ke-75 digelar di kantor Kemnaker turut dihadiri seluruh jajaran eselon I Kemnaker, Staf Ahli Menteri, dan para staf khusus yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

(rea)