2,5 Juta Pekerja Terima Bantuan Rp600 Ribu 28 Agustus

CNN Indonesia
Senin, 24 Aug 2020 19:28 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan menerima 2,5 juta rekening pegawai calon penerima bantuan subsidi upah senilai Rp600 ribu dari BP Jamsostek pada Senin (24/8). BP Jamsostek menyerahkan 2,5 juta rekening pegawai calon penerima bantuan subsidi upah senilai Rp600 ribu ke Kementerian Ketenagakerjaan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menerima 2,5 juta rekening karyawan calon penerima bantuan subsidi upah pekerja bergaji di bawah Rp5 juta dari BP Jamsostek. Jika tak ada aral melintang, bantuan tersebut bisa mulai dicairkan akhir pekan ini atau Jumat, 28 Agustus 2020 mendatang.

Menteri Ketenegakerjaan Ida Fauziah mengatakan data tersebut akan divalidasi terlebih dahulu ke pihak perbankan sebelum pencairan bantuan dilakukan. Ia menjanjikan proses validasi akan berlangsung empat hari seperti yang tertuang dalam petunjuk teknis yang telah dibuat pemerintah.

"Kami akan cek list baru akan kami serahkan kepada KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) untuk bisa mencairkan uangnya dan salurkan ke bank pemerintah lalu transfer ke penerima program subsidi upah," ucap Ida dalam konferensi pers di kantornya, Senin (24/8).


Ida menyampaikan pemberian data dari BPJS Ketenagakerjaan akan dilakukan per batch untuk memudahkan proses pengawasan dan evaluasi. Untuk batch pertama, 2,5 juta data telah diberikan dan dicairkan pekan ini. Sementara, batch selanjutnya akan dilakukan bertahap.

"Kami membutuhkan waktu untuk mengecek. 2,5 juta itu bukan angka yang sedikit. Kami menargetkan bisa transfer itu dimulai dari akhir Agustus ini," tuturnya.

Ida juga menargetkan kementeriannya dapat menyelesaikan penyaluran bantuan pada akhir September mendatang dengan jumlah total penerima mencapai 15,7 juta pekerja.

"2,5 juta itu minimal yang bisa kami lakukan sehingga seluruh penerima bantuan bisa selesai masuk datanya akhir September ini,' tuturnya.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER