Bantuan Rp2,4 Juta untuk Pelaku UMKM Sudah Tersalur 50 Persen

CNN Indonesia | Minggu, 30/08/2020 19:56 WIB
Menkop dan UKM Teten Masduki menyebut bantuan presiden sebesar Rp2,4 juta bagi pelaku UMKM sudah tersalur 50 persen lebih dan akan diselesaikan September. Menko dan UKM Teten Masduki menyatakan bantuan Rp2,4 juta yang diberikan Jokowi ke pelaku UMKM tertekan virus corona sudah tersalur 50 persen hingga saat ini. (CNN Indonesia/Wella Andany).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan realisasi bantuan presiden sebesar Rp2,4 juta kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tahap pertama sudah mencapai 50 persen.

Bantuan yang digelontorkan pada tahap pertama ini menyasar sebanyak 9,1 juta pelaku UMKM. Ia berharap penyaluran bantuan dapat selesai pada September mendatang.

"Tahap pertama 9,1 juta akan selesai September ini. Per hari ini sudah 50 persen," ungkap Teten Minggu (30/8).


Menurut Teten bantuan tersebut dianggarkan untuk mendukung jutaan UMKM Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19 namun belum pernah mengakses pembiayaan ke perbankan.

Total anggaran program tersebut mencapai Rp22 triliun dengan total target penerima mencapai 12 juta pelaku UMKM.

Sementara untuk UMKM yang terhubung ke lembaga pembiayaan maupun perbankan, pemerintah telah menyiapkan stimulus berupa kredit murah dan restrukturisasi yang total anggarannya mencapai Rp123,46 triliun.

"Per tanggal 27 Agustus ini penerapannya sudah 45,76 persen. Tapi ini masih rendah dan karena itu perlu ada percepatan lebih tinggi lagi. Kami harap bisa mempercepat penyaluran dan diharapkan pada UMKM usaha mikro bisa segera kembali berusaha yang kemarin banyak modal mereka tergerus untuk bantuan konsumsi keluarga," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK