Jubir Nonaktif Benarkan Menteri Edhy Dirawat di ICU RSPAD

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 18:55 WIB
Eks Jubir Menteri KKP Miftah Sabri mengatakan sampai dengan Selasa (15/9) Edhy Prabowo masih dirawat di ICU RSPAD Gatot Soebroto karena corona. Edhy Prabowo dikabarkan masih dirawat di ICU RSPAD Gatot Soebroto sampai Selasa (15/9) kemarin. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sedang dirawat di ICU RSPAD Gatot Soebroto. Hal tersebut disampaikan oleh eks Jubir Menteri KKP Miftah Sabri pada Rabu, (16/9).

"Beliau meminta kepada tim dokter untuk dipindahkan ke Paviliun Kartika saja, supaya bisa ICU dipakai untuk yang lain, tapi tim dokter belum mengizinkannya, dan mengharuskan menteri Edhy untuk tetap di ICU supaya jika terjadi sesuatu kondisi yang menurun secara tiba-tiba tidak perlu lagi mencari ruangan," katanya kepada CNNIndonesia.com lewat pesan singkat, Rabu (16/9).

Ia menyebut kabar tersebut didapatnya saat berkomunikasi dengan Edhy pada Selasa (15/9), kemarin. Miftah menyebut konfirmasi diberikan agar tak ada kabar simpang-siur soal keadaan Menteri KKP terbaru.


Miftah menambahkan meski dirawat dalam ICU, namun kondisi Edhy kian membaik.

"Kemarin saya masih berkabar dengan Bang Edhy, beliau mengabarkan kondisi beliau sudah membaik. Tapi masih harus di RS tunggu pulih benar," lanjutnya.

Dia menuturkan Edhy menjalani perawatan di ICU karena status sebagai menteri yang memliki standard operational procedure (SOP) masuk ke ICU untuk menjalani pengecekan secara menyeluruh hingga tuntas. Menurutnya, Edhy tidak menjalani perawatan sebagaimana pasien ICU pada umumnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan Edhy untuk pulih benar untuk dapat kembali menjalankan tugasnya di KKP.

Miftah mengaku bahwa dirinya tak dapat mengontak Edhy. Ponsel Edhy, lanjut Miftah, tak dapat dihubungi hari ini.

"Barusan saya coba mengontak tapi hp beliau mati lagi," kata dia.

Miftah memastikan bahwa semua pihak yang berinteraksi dengan Edhy telah dilakukan tracking dan testing covid-19 baik internal KKP mau pun staf selama perjalanan dinas di NNT, Maluku dan Kalimantan Timur sebelumnya.

Diketahui, Menteri KKP dinyatakan positif covid-19 pada pekan lalu. Hal tersebut dikabarkan oleh Wakil Ketua Komisi VI DPR Daniel Johan.

"Saya sudah mendapat informasi itu dari staf Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang menyampaikan bahwa Pak Menteri, Pak Edhy Prabowo, sahabat kami itu positif covid-19," ujar Daniel, pada Rabu (9/9).

Namun, ia menyebut kabar terkini didapatnya dari orang terdekat Edhy bahwa kondisinya telah membaik. "Saya cek yang mengurus di RSPAD mengabarkan bahwa kondisi Menteri Edhy semakin membaik dari hari sebelumnya," jelas dia.

[Gambas:Video CNN]



(wel/agt)