Pendaftaran Gelombang 9 Kartu Prakerja Resmi Dibuka Hari Ini

CNN Indonesia | Kamis, 17/09/2020 15:53 WIB
Pemerintah resmi membuka pendaftaran gelombang 9 Kartu Prakerja pada Kamis (17/9). Pemerintah resmi membuka pendaftaran gelombang 9 Kartu Prakerja pada Kamis (17/9). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendaftaran gelombang 9 program Kartu Prakerja resmi dibuka pada Kamis (17/9). Informasi itu disampaikan Project Management Officer (PMO/manajemen pelaksana) melalui akun resmi instagram @prakerja.go.id.

"Gelombang 9 Kartu Prakerja telah dibuka! Kunjungi situs resmi kami di www.prakerja.go.id untuk membuat akun dan mendaftar Kartu Prakerja," tulis PMO.

Sebelum mendaftar, calon peserta harus memenuhi tiga kriteria yaitu warga negara Indonesia, berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang sekolah/kuliah.


Pendaftaran dilakukan dengan membuka situs www.prakerja.go.id melalui telepon seluler maupun komputer.

Setelah itu, calon peserta harus menyiapkan nomor Kartu Keluarga serta Nomor Induk Kependudukan (NIK). Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun.

Selanjutnya, siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.

Terakhir, klik "Gabung" pada gelombang yang sedang dibuka. Pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.

[Gambas:Instagram]

"Bagi Sobat yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik "Gabung" ke Gelombang 9 agar dapat masuk ke tahap seleksi," jelas PMO.

Sama seperti gelombang sebelumnya, pendaftaran akan ditutup pada Senin pekan depan.

Sebagai informasi, pendaftaran kartu prakerja rencananya dibuka dalam 10 gelombang dengan target penerima manfaat 5,6 juta orang. Adapun total pendaftar yang menjadi penerima manfaat program ini telah mencapai 4,6 juta orang. Artinya, masih ada jatah bagi 1 juta peserta.

Pada pendaftaran gelombang 8 lalu, jumlah pendaftar menembus 4,7 juta orang. Sementara, jumlah peserta yang diterima hanya 800 ribu. Peserta yang lolos akan mendapatkan pelatihan dan stimulus tunai sebesar Rp600 ribu.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)