Usir Corona, India Beri Pinjaman US$250 Juta ke Maladewa

afp, CNN Indonesia | Senin, 21/09/2020 11:51 WIB
India mengumumkan pinjaman sebesar US$250 juta ke Maladewa untuk memperbaiki perekonomian negara yang terpukul virus corona. India mengumumkan pinjaman sebesar US$250 juta ke Maladewa untuk memperbaiki perekonomian negara yang terpukul virus corona. (iStockphoto/Vold77).
Jakarta, CNN Indonesia --

India memberikan pinjaman sebesar US$250 juta ke Maladewa untuk memperbaiki perekonomian negaranya yang terpukul virus corona. Negara kepulauan tersebut terkenal dengan resor mewah dan industri pariwisata.

Dikutip dari AFP, turis asing setop berlibur dan membuat pariwisata Maladewa terpukul cukup keras. Walaupun penerbangan internasional telah dibuka sejak pertengahan Juli, namun jumlah turis belum kembali normal. 

Komisi Tinggi India menyebut pinjaman tersebut diberikan setelah Presiden Maladewa Ibrahim Mohamed Solih meminta bantuan India untuk mengatasi situasi ekonomi yang semakin sulit.


"Maladewa bebas menggunakan uang tersebut untuk memperbaiki situasi ekonomi domestik sesuai prioritasnya," ujar pernyataan resmi India, Senin (21/9).

Pinjaman tersebut berbentuk penjualan obligasi negara yang diterbitkan oleh Maladewa ke Bank Negara India. Pinjaman tersebut akan dibayar dalam jangka waktu 10 tahun.

Menurut Kementerian Luar Negeri India, obligasi tersebut membuat total bantuan keuangan India ke Maladewa menjadi lebih dari US$2 miliar sejak Solih berkuasa.

Bank Pembangunan Asia memperkirakan ekonomi Maladewa berkontraksi sebesar 20,5 persen tahun ini, dibandingkan dengan pertumbuhan 5,9 persen tahun lalu.

Hingga saat ini, Maladewa masih memberlakukan jam malam untuk memerangi virus. Negara ini telah mencatat lebih dari 9.600 infeksi dan 33 kematian akibat covid-19.

[Gambas:Video CNN]



(age/bir)