PLN Berambisi Jadi Jawara Listrik di Asia Tenggara

CNN Indonesia
Rabu, 23 Sep 2020 09:49 WIB
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini berambisi menyulap PLN menjadi perusahaan listrik jawara dan terbaik di Asia Tenggara. Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini berambisi menyulap PLN menjadi perusahaan listrik jawara dan terbaik di Asia Tenggara. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini mengaku berambisi menjadi perusahaan listrik berkelas dunia. Bahkan menjadi yang terbaik di Asia Tenggara.

Caranya, dengan memperbaiki pelayanan dan membuat perusahaan setrum negara tersebut menjadi pilihan utama seluruh pelanggan.

"Berbicara soal masa depan, diakui sebagai perusahaan kelas dunia menjadi salah satu visi kami. PLN bertekad menjadi perusahaan listrik juara (electricity champion) dari kawasan Asia Tenggara serta menjadi pilihan nomor satu sebagai solusi energi," katanya dalam diskusi FORTEI, ICT-PEP 2020, Rabu (23/9).

Namun, untuk menjadi perusahaan kelas dunia, Zulkifli mengakui masih banyak pembenahan yang harus dilakukannya. Salah satunya, yaitu untuk menjadi perusahaan energi yang lebih ramah lingkungan.

Oleh karena itu, ia mengatakan PLN akan terus menambah porsi energi baru dan terbarukan (EBT) sebagai sumber energi. PLN memiliki target bauran (EBT) 23 persen pada 2025 mendatang.

"Saat ini, kami juga berusaha untuk menggunakan atau bahkan mengubah power plan (pembangkit listrik) kami yang sudah ada dengan sumber daya yang lebih ramah lingkungan," imbuh Zulkifli.

PLN mengaku terus mendorong penggunaan energi rendah karbon yang ramah lingkungan, khususnya dengan memanfaatkan energi baru terbarukan dalam penyediaan energi listrik.

Perusahaan pelat merah ini memiliki beberapa strategi untuk mendorong penggunaan energi baru terbarukan. Beberapa di antaranya dengan co-firing Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang telah beroperasi.

Selain itu, PLN memiliki program konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) menjadi Pembangkit Listrik Tenaga (PLT) Biomassa, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung dengan memanfaatkan bendungan-bendungan yang sudah ada untuk membangkitkan listrik.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER