RNI Bakal Ikut Andil Garap Food Estate di Kalteng

CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2020 23:57 WIB
RNI akan ikut menggarap food estate di Kec. Dadahup, Kapuas, Kalteng. Infrastruktur digarap dengan menggandeng Kementan dan Kementerian PUPR. RNI akan ikut menggarap food estate di Kec. Dadahup, Kapuas, Kalteng. Infrastruktur digarap dengan menggandeng Kementan dan Kementerian PUPR. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI menyatakan ikut andil dalam pembangunan lumbung pangan atau food estate di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha RNI Febriyanto menturkan terdapat dua lokasi food estate yang ditangani oleh perusahaan. Selain di Kalimantan Tengah tepatnya di Kecamatan Dadahup, Kapuas perusahaan juga mengerjakan proyek food estate di Kecamatan Sukamandi, Subang, Jawa Barat.

"Ada dua lokasi proyek food estate yang kami siapkan. Pertama, di Sukamandi lahan PT Sang Hyang Seri seluas 1.000 hektar dan food estate di Kalteng di Blok Dadahup," ujarnya dalam acara NGOPI BUMN bertajuk BUMN Bahu Membahu Atasi Covid-19, Kamis (24/9).


Untuk proyek food estate di Kecamatan Dadahup, lanjutnya, Kementerian Pertanian dan Kementerian PUPR tengah mempersiapkan dari sisi infrastrukturnya. Adapun proyek food estate di Kecamatan Sukamandi, Subang, telah berjalan.

Di kawasan itu, perseroan melakukan program intensifikasi lahan seluas 1.000 hektar. Program yang dilakukan meliputi, pendampingan teknis petani, pemberian pupuk organik, perbaikan sistem pertanian melalui penerapan teknologi pertanian, dan perbaikan sistem pasca panen.

Ia menyatakan melalui program intensifikasi lahan tersebut,produktivitas lahan petani meningkat dari 5 ton per hektar menjadi 8,5 ton per hektar.

"Dengan cara ini mudah-mudahan kami bisa membantu kontribusi meningkatkan hasil panen nasional sehingga kita tidak perlu lagi khawatir terhadap kekurangan beras atau gantungkan impor beras setiap tahun," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]

Sebagai informasi, pemerintah tengah menyiapkan pembangunan food estate di dua provinsi, yakni Kalteng dan Sumatera Utara. Untuk di Kalteng, food estate akan dibangun di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

Kemudian, pembangunan food estate di Sumatera Utara akan dilakukan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Setelah pembangunan selesai di dua provinsi ini, pemerintah akan melanjutkan pembangunan food estate di Papua, Sumatra Selatan, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

(ulf/sfr)