Kemenhub Sediakan 50 Titik Tempat Parkir Sepeda di DKI

CNN Indonesia | Jumat, 25/09/2020 12:12 WIB
Kementerian Perhubungan akan menyediakan 50 titik tempat parkir sepeda di DKI, dengan prioritas sekolah, perkantoran, dan tempat ibadah. Kementerian Perhubungan akan menyediakan 50 titik tempat parkir sepeda di DKI, dengan prioritas sekolah, perkantoran, dan tempat ibadah. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Perhubungan akan menyediakan 50 tempat parkir sepeda di seluruh kota Jakarta dalam Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2020.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi menyebut pemilihan titik-titik tempat parkir tersebut didasari oleh kebutuhan. Dengan prioritas, untuk sekolah, perkantoran, dan tempat ibadah.

Budi berharap, langkah ini dapat menjadi pemantik bagi pemerintah daerah (pemda) serta swasta untuk ikut ambil andil dalam alokasi lahan untuk parkir sepeda maupun infrastruktur penyangga lain.


"Kami akan membagikan sekitar 50 tempat parkir sepeda di seluruh kota Jakarta, diberikan ke sekolah yang membutuhkan, tempat ibadah, perkantoran, termasuk beberapa tempat umum lainnya," katanya lewat video conference, Jumat (25/9).

"Harapannya 50 tempat parkir sepeda akan berlanjut dan memberi motivasi kepada perkantoran atau pemda untuk ikut menyediakan tempat parkir di tempat umum," ia melanjutkan.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, PNKJ tahun ini akan dilaksanakan secara daring. Salah satu acara yang akan diselenggarakan ialah pameran sepeda yang akan diikuti oleh 300 kontestan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ingin promosi hanya untuk sepeda-sepeda buatan lokal sebagai upaya pemerintah mendorong produksi sepeda buatan dalam negeri.

Ia menilai dukungan tersebut akan mampu mencetak lebih banyak pekerjaan untuk masyarakat. Apalagi, ia mendengar banyak sepeda impor yang membanjiri pasar lokal.

"Kalau bisa nanti sepeda produksi luar negeri nggak usah dipromosikan, bisa promosikan jualan sendiri karena dengan kita memasarkan produk dalam negeri berarti kesempatan kerja untuk teman-teman kita banyak," terang Budi Karya.

Budi Karya mengaku mendukung masyarakat berkegiatan dengan menggunakan sepeda. Namun, ia mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Melanjutkan pesan Presiden, protokol kesehatan harus dijaga. Tapi harus move on (beraktivitas)," imbuh dia.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)