Jokowi Sebut Tol Pekanbaru-Dumai Undang Minat Investor

CNN Indonesia | Jumat, 25/09/2020 15:36 WIB
Presiden Jokowi mengatakan sejumlah investor sudah menyatakan minatnya untuk membangun usaha di sekitar ruas tol Pekanbaru-Dumai, Riau. Presiden Jokowi mengatakan ada investor yang sudah menyatakan minatnya untuk membangun usaha di sekitar ruas tol Pekanbaru-Dumai. (Kris - Biro Setpres).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ada investor yang sudah menyatakan minatnya untuk membangun usaha di sekitar ruas tol Pekanbaru-Dumai. Salah satunya adalah kawasan industri dan perumahan.

"Saya mendapatkan laporan keberadaan jalan tol ini sudah mengundang minat investasi untuk mengembangkan usaha di sekitar jalur tol ini," ucap Jokowi dalam acara peresmian jalan tol Pekanbaru-Dumai, Jumat (25/9).

Selain itu, ia juga mendapatkan laporan bahwa ada investor yang berniat membuka kawasan pariwisata di sekitar jalan tol Pekanbaru-Dumai. Menurut Jokowi, potensi investasi ini otomatis akan menambah lapangan kerja baru di Pekanbaru dan Dumai.


"Tumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru ini tentu akan meningkatkan aktivitas perekonomian wilayah dan membuka lapangan kerja yang lebih banyak lagi bagi anak-anak muda," kata Jokowi.

Kepala negara pun mengingatkan jajaran menterinya agar merespons dengan cepat minat investor yang ingin mengembangkan usaha di sekitar jalan tol Pekanbaru-Dumai. Dengan begitu, dampak infrastruktur tol tersebut bisa segera dirasakan oleh pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat.

"Minat investor untuk ikut mendukung pengembangan daerah seperti ini harus direspons cepat sehingga pemerintah daerah dan masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari keberadaan infrastruktur yang dibangun pemerintah," jelas Jokowi.

Hari ini, jalan tol Pekanbaru-Dumai resmi beroperasi. Peresmian jalan tol itu dilakukan oleh kepala negara secara virtual di Istana Negara.

Jokowi menyatakan jalan tol Pekanbaru-Dumai memiliki panjang 131,5 kilometer (km). Total biaya yang digelontorkan untuk pembangunan tol tersebut sebesar Rp12,18 triliun.

Menurut Jokowi, tol Pekanbaru-Dumai merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatra sepanjang 2.878 km yang membentang dari Lampung hingga Aceh. Selain itu, jalan tol ini akan menjadi penghubung antara Pekanbaru dengan industri minyak dan agribisnis di Dumai.

[Gambas:Video CNN]



(aud/age)