Bank Permata Isolasi Mandiri Puluhan Karyawan Positif Corona

CNN Indonesia | Senin, 28/09/2020 14:52 WIB
Dirut Bank Permata mengaku telah menerapkan isolasi mandiri bagi karyawan yang terpapar covid-19 usai menjalani tes PCR swab massal. Dirut Bank Permata mengaku telah menerapkan isolasi mandiri bagi karyawan yang terpapar covid-19 usai menjalani tes PCR swab massal. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama PT Bank Permata Tbk Permata Ridha DM Wirakusumah mengatakan sesuai kebijakan perusahaan, manajemen menerapkan isolasi mandiri bagi karyawan yang positif virus corona (covid-19) usai menjalani tes PCR swab di kantor operasional di Bintaro, Tangerang.

Hasil dari tes tersebut mengungkap dari sekitar 2.333 karyawan tetap dan alih daya (outsource) yang menjalani pemeriksaan, 3,7 persen di antaranya terkonfirmasi positif covid-19 dan berstatus orang tanpa gejala (OTG).

"Kami menindaklanjuti dengan langkah, seperti contact tracing, isolasi mandiri bagi karyawan yang terpapar, disinfeksi menyeluruh dan mengatur operasional bank untuk menjaga kesehatan dan keamanan karyawan dan nasabah," tutur Ridha dalam siaran persnya, Senin (28/9).


Selain itu, lanjut dia, manajemen berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Banten dan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan protokol yang berlaku untuk menindaklanjuti hasil tes tersebut.

"Untuk mendukung upaya pemerintah mengatasi pandemi covid-19, kami komitmen untuk berperan aktif di lingkungan Permata Bank, mengingat kami termasuk salah satu dari 11 sektor usaha yang wajib beroperasi sebagai penggerak roda ekonomi dan penyedia layanan fundamental bagi masyarakat," imbuhnya.

Sejak pandemi covid-19 melanda, kata Ridha, manajemen juga terus mendukung kebijakan regulator dan pemerintah untuk tetap menjaga pelayanan di cabang-cabang yang beroperasi dan membantu upaya pencegahan, termasuk memberi pilihan kepada nasabah untuk beralih ke layanan non tunai.

"Upaya kita menjaga keselamatan dan kesehatan bersama sangat bergantung pada kedisiplinan kita masing-masing dalam menerapkan protokol covid-19 secara konsisten, melakukan tindakan preventif secara berkala, dan menjalankan 3M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan) setiap saat," jelas Ridha.

Sebelumnya dikabarkan sekitar 80 karyawan terpapar covid-19 usai tes PCR swab massal di Bintaro Tower. "Dari sekitar 2.000 karyawan tetap maupun outsource yang dites, sekitar 4 persen menunjukkan hasil positif covid-19 dan berstatus OTG," kata Head of Corporate Affairs Bank Permata Richele Maramis.

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan jumlah kumulatif kasus positif covid-19 di Indonesia pada Minggu (27/9) mencapai 275.213 orang. Angka tersebut bertambah sebanyak 3.874 kasus dari hari sebelumnya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 203.014 orang dinyatakan sembuh. Sementara, 10.386 orang meninggal dunia.

Berdasarkan data Kemenkes, pasien sembuh bertambah 3.611 orang dan pasien meninggal bertambah 78 orang. Sementara jumlah suspek covid-19 mencapai 129.553 orang dan spesimen yang diperiksa 37.272 spesimen.

Kasus konfirmasi positif covid-19 pecah rekor dalam tiga hari berturut-turut, yakni 23-25 September. Kasus positif corona dalam beberapa hari terakhir bertambah di atas 4.000 kasus per hari.

[Gambas:Video CNN]



(sfr)