Corona, 30 Persen Restoran di Mal Terancam Tutup Permanen

CNN Indonesia | Jumat, 09/10/2020 18:10 WIB
PHRI mengestimasi ada 800 sampai 1.500 restoran di mal yang berpotensi tutup permanen alias gulung tikar pada tahun ini. PHRI mengestimasi ada 800 sampai 1.500 restoran di mal yang berpotensi tutup permanen alias gulung tikar pada tahun ini.Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengestimasi ada 800 sampai 1.500 restoran di mal yang berpotensi tutup permanen alias gulung tikar pada tahun ini. Jumlah itu setara 20 persen sampai 30 persen dari total sebanyak 4.000 sampai 5.000 restoran yang ada saat ini. 

"Estimasi jumlah belum ada yang spesifik, perkiraannya tutup bisa mencapai 20 persen sampai 30 persen, ini yang di mal saja. Ke depan akan lebih banyak lagi (yang tutup)," ujar Ketua Pengembangan Restoran PHRI Susanty Widjaya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (9/10). 

Susan bilang restoran di mal yang terancam tutup utamanya merupakan brand besar yang sudah punya nama dan cabang di banyak mal di Indonesia. Sayangnya, ia enggan mengungkap beberapa koleganya yang terancam tutup itu. 


"Cukup banyak brand besar yang sudah gulung tikar bahkan. Beberapa (brand restoran besar) sudah jadi motor dan ke jalan-jalan (untuk menawarkan produk makanannya ke masyarakat di tengah pandemi)," ungkapnya. 

Susan bilang ancaman gulung tikar bag restoran di mal muncul karena pandemi virus corona atau covid-19 tak kunjung berakhir. Selain itu, ditambah pula dari efek kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. 

Selama PSBB, restoran tak boleh melayani makan di tempat (dine in). Restoran di mal hanya boleh melayani pesan antar (delivery) dan pesan dibawa pulang (take away). 

Beberapa daerah lain pun juga masih membatasi mobilitas masyarakat mereka. Hal ini membuat banyak mal sepi pengunjung, sehingga turut menekan bisnis restoran. 

"Tentu jumlahnya akan terus bertambah kalau semua situasi tidak berakhir," imbuhnya. 

Tak hanya yang di dalam mal, Susan mengatakan potensi gulung tikar juga ada dari restoran yang di luar mal. Namun, ia belum mengantongi estimasi angka secara spesifik. 

"Tapi mereka sudah tutup 40 persen dari Juni lalu, perkiraannya yang di luar mal ini jumlahnya lebih dari 5.000 restoran. Ini mereka yang buka usaha di depan Indomaret, Alfamart, seperti itu, di pinggir jalan," katanya. 

Susan bilang restoran di luar mal yang terancam tutup utamanya merupakan toko yang berbisnis secara waralaba alias membeli lisensi dari suatu brand dan memiliki toko di berbagai daerah. Atas kondisi ini, Susan berharap pemerintah segera memberikan bantuan, minimal membuka akses agar masyarakat bisa kembali makan di restoran seperti dulu. 

[Gambas:Video CNN]



(uli/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK