Hanya 1 dari 3 Orang Pendaftar yang Lolos Seleksi Prakerja

CNN Indonesia | Rabu, 14/10/2020 12:54 WIB
Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mengungkap hanya satu dari tiga pendaftar program yang lolos seleksi Prakerja. Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mengungkap hanya satu dari tiga pendaftar program yang lolos seleksi Prakerja.(ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni P Purbasari mengatakan total pendaftar program Prakerja mencapai 36,6 juta orang hingga hari ini. Namun, dari jumlah tersebut hanya 5,6 juta orang yang lolos menjadi peserta program.

Rinciannya, 24,4 juta orang lolos verifikasi tahap pertama yakni verifikasi email. Kemudian dalam proses verifikasi tahap kedua yakni NIK dan KK, jumlah peserta yang lolos menjadi 19 juta orang.

Terakhir, verifikasi tahap ketiga menggunakan nomor handphone dan rekening atau e-wallet, peserta yang lolos menjadi 17,2 juta orang.


"Dari 17,2 juta yang disahkan menjadi penerima Kartu Prakerja 5,6 juta. Sehingga disampaikan hanya satu dari tiga orang pendaftar menerima Kartu Prakerja," ucap Denni dalam webinar bertajuk Sinergi Program Prakerja untuk Akselerasi Inklusi Keuangan, Rabu (14/10).

Dari total 5,6 juta peserta program, lanjut Denni, yang telah membeli pelatihan sebanyak 5,19 juta dan yang telah selesai minimal satu pelatihan sebagai syarat mendapatkan insentif sebanyak 4,77 juta. Kemudian yang telah menerima insentif mencapai 4,55 juta.

"Yang penting di sini untuk mendapatkan insentif tidak hanya menyelesaikan pelatihan. Kami menuntut secara digital untuk memberikan rating dan ulasan," ucapnya.

Dengan rating dan ulasan dari para peserta yang telah menyelesaikan program tersebut, menurut Denni, ekosistem Prakerja juga menjadi lebih sehat. Sebab penyedia pelatihan yang kurang memuaskan peserta akan menjadi tidak laku produknya.

"Itu sebetulnya pendisiplinan untuk ekosistem. Mereka yang tidak perform, tidak didukung oleh pasar. Sebaliknya mereka yang perform bagus akan dapat reward dan edorsement," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK