Eks Model dan Jubir Satgas Covid Daftar Jadi Direksi BPJS

CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 11:59 WIB
Sejumlah orang mendaftar menjadi calon anggota dewan pengawas dan anggota direksi BPJS Kesehatan, antara lain eks model Okky Asokawati dan Achmad Yurianto. Sejumlah tokoh termasuk eks model dan anggota DPR Okky Asokawati dan Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto daftar jadi direksi BPJS Kesehatan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Panitia Seleksi BPJS Kesehatan mengumumkan 184 pendaftar yang lolos seleksi administrasi pendaftaran menjadi calon anggota Dewan Pengawas dan Calon Anggota Direksi BPJS Kesehatan periode 2021-2026. Pendaftar yang lolos mulai dari mantan juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto hingga eks model yang juga pernah menjadi anggota DPR Okky Asokawati Padmodimuljo.

Pengumuman itu tertuang di surat bernomor 05/Pengumuman/PANSEL/BPJS-K/X/2020. Surat itu memuat Keputusan Pansel Nomor: 01/KEP/PANSEL/BPJS-K/X/2020 yang diterbitkan pada 17 Oktober 2020 dan diteken oleh Ketua Pansel Suminto.

"Dari 253 pendaftar Calon Anggota Dewan Pengawas dan Calon Anggota Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Masa Jabatan Tahun 2021-2026, yang dinyatakan Lolos Seleksi Administrasi sebanyak 184 pendaftar," tulis Pansel dalam surat tersebut, dikutip CNNIndonesia.com pada Selasa (20/10).


Setelah lolos seleksi,  pendaftar akan mengikuti ujian kompetensi bidang jaminan sosial kesehatan dengan sistem Computer Based Test (CBT) secara virtual. Tahapan seleksi itu akan diadakan pada 22 Oktober 2020.

Sebelum mengikuti seleksi tersebut, Pansel akan menggelar rapat teknis pada 21 Oktober 2020.

Pada rapat itu, Pansel akan menginformasikan soal waktu dan akses virtual untuk penyelenggaraan seleksi yang diberikan melalui email dan/atau pesan Whatsapp kepada peserta.

"Peserta yang tidak hadir mengikuti seleksi kompetensi bidang jaminan sosial kesehatan dinyatakan gugur," terang Pansel.

[Gambas:Video CNN]

Hasil Seleksi Kompetensi Bidang Jaminan Sosial Kesehatan akan diumumkan pada 3 November 2020. Di samping itu, Pansel turut mengundang masyarakat untuk menyampaikan tanggapan terhadap Calon Anggota Dewan Pengawas dan Calon Anggota Direksi BPJS Kesehatan yang lolos seleksi administrasi.

Tanggapan dapat disampaikan secara tertulis kepada Pansel dengan menyebutkan secara jelas calon yang dimaksud. Lalu, perlu juga diuraikan tanggapan, dokumen, dan bukti pendukung.

Identitas yang memberikan tanggapan harus dicantumkan secara jelas, seperti nama, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi serta melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku. Identitas itu akan dirahasiakan oleh Pansel.

"Tanggapan dikirim melalui email ke alamat: panselbpjsk@djsn.go.id paling lambat diterima pada tanggal 9 November 2020 pukul 16.00 WIB," jelas Pansel.

Selain Yuri da Okky, berikut beberapa nama yang lolos seleksi administrasi. Dari unsur pemerintahan, seperti ASN kementerian pusat dan pemerintah daerah, diantaranya ASN Kementerian Keuangan Regina Maria Wiwieng Handayaningsih, ASN Kementerian Pertahanan Arie Zakaria, dan lainnya.

Selanjutnya, ada juga pendaftar yang berlatar belakang dosen atau akademisi dari perguruan tinggi, seperti Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Armelia Sari Widyarman, Dosen Universitas Indonesia Muliadi Widjaja, dan lainnya.

Lalu, ada dari manajemen rumah sakit, misalnya Direktur RS Syarif Hidayatullah UIN Amir Fauzi, Direktur RS Karang Tengah Medika Hendrik Sulo, Direktur RSUD Soekarno Bangka Belitung Armayani, dan lainnya.

Kemudian, dari perusahaan asuransi, misalnya Komisaris PT Asuransi Bangun Askrida Zaenal Aripin, CEO & President Director PT Lippo Life Assurance Budi Tua Arifin Tampubolon Maitrise, dan lainnya.

Tak ketinggalan dari internal BPJS Kesehatan, seperti Anggota Komite Dewas Didik K. Wijayanto, Direktur Bayu Wahyudi, Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan R. Maya Amiarny Rusady, dan lainnya.

Sisanya, ada Direktur PT Pelabuhan Indonesia IV Riman Sulaiman Duyo, Direktur Utama PDAM Jember Ady Setiawan, Komisaris PT Gihon Telekomunikasi Indonesia David Bangun, Direktur Eksekutif Keuangan dan Penilianan Proyek PT PII (Persero), dan lainnya.

(uli/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK