Paypal Terjun ke Bisnis Cryptocurrency, Harga Bitcoin Terbang

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 13:12 WIB
Paypal terjun ke bisnis mata uang kripto (cryptocurrency). Aksi korporasi perusahaan pembayaran digital itu membuat harga Bitcoin terbang 5 persen. Paypal terjun ke bisnis mata uang kripto (cryptocurrency). Aksi korporasi perusahaan pembayaran digital itu membuat harga Bitcoin terbang 5 persen. (iStockphoto/Jirapong Manustrong).
Jakarta, CNN Indonesia --

Paypal, perusahaan pembayaran digital dan jasa transfer uang elektronik, terjun ke bisnis mata uang kripto (cryptocurrency). Aksi korporasi Paypal itu membuat harga Bitcoin melompat 5 persen.

CEO Paypal Dan Schulman menerangkan efisiensi, kecepatan, dan ketahanan mata uang kripto meningkatkan inklusi keuangan yang menggambarkan pergeseran mata uang fisik ke digital tidak terelakkan lagi.

"Ini adalah tonggak penting menuju adopsi mata uang kripto seperti Bitcoin," ujarnya mengutip CNN Business, Kamis (22/10).


Cryptocurrency, lanjut dia, adalah uang digital yang dapat ditukar tanpa biaya secara online, tanpa keterlibatan bank dan tanpa pengawasan peraturan oleh regulator.

"Jangkauan kami, keahlian pembayaran digital, jaringan, dan kontrol keamanan, dan kepatuhan yang ketat memberi kami kesempatan, tanggung jawab, untuk membantu memfasiltasi pemahaman instrumen pertukaran baru ini," tutur Schulman.

Lebih lanjut ia menjelaskan Paypal akan memberikan layanan bagi pengguna jasa perusahaan untuk memegang dan menukar Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash, dan Litecoin menggunakan dompet digital perusahaan.

Termasuk, memungkinkan pengguna jasa melakukan belanja online, meminta, dan mengirim uang digital.

Pelanggan jasa Paypal di AS akan menerima akses layanan cyptocurrency dalam beberapa pekan mendatang.

Namun demikian, mereka belum dapat membayar produk dan layanan menggunakan cryptocurrency hingga awal tahun depan.

"Sementara, pelanggan Venmo Paypal dan konsumen internasional tertentu tidak akan memiliki layanan cryptocurrency sampai paruh pertama 2021 nanti," imbuh Schulman.

Investor mata uang kripto merespons positif bisnis mata uang kripto Paypal. Terlihat, harga saham Paypal (PYPL) melonjak pada Rabu (21/10). Saham perusahaan lompat lebih dari dua kali lipat sejak awal pandemi covid-19 di AS pada Maret 2020 lalu.

Paypal bukan satu-satunya perusahaan yang bertaruh pada mata uang kripto. Square sebelumnya menghabiskan US$50 juta untuk membeli lebih dari 4.700 Bitcoin pada awal bulan ini.

CFO Square Amrita Ahuja mengatakan perusahaan meyakini bahwa Bitcoin bisa dan akan menjadi mata uang yang banyak digunakan dimana-mana di masa depan.

[Gambas:Video CNN]



(bir/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK